Analisis sektor potensial terhadap pertumbuhan ekonomi di Kota Batu (kajian sektor basis ekonomi) / Made Hafi - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis sektor potensial terhadap pertumbuhan ekonomi di Kota Batu (kajian sektor basis ekonomi) / Made Hafi

Hafi, Made (2011) Analisis sektor potensial terhadap pertumbuhan ekonomi di Kota Batu (kajian sektor basis ekonomi) / Made Hafi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Sektor potensial Sektor Basis Pertumbuhan ekonomi Salah satu tolak ukur adanya pembangunan ekonomi daerah yaitu adanya pertumbuhan ekonomi di suatu daerah. Dalam usaha meningkatkan pertumbuhan ekonomi daerah perlu diketahui terlebih dahulu sumber daya atau potensi suatu daerah yang diharapkan berkembang secara optimal. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan sektor potensial (basis) di Kota Batu sebagai bahan informasi dan pertimbangan dalam perencanaan pembangunan ekonomi. Penelitian ini menggunakan data Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) Kota Batu dan Propinsi Jawa Timur tahun 2005 sampai tahun 2009. Data tersebut berupa data sekunder diperoleh dari instansi terkait yaitu Badan Pusat Statistik (BPS). Dalam skripsi ini metode analisis yang digunakan model basis ekonomi yang tercermin pada analisis Location Quotient (LQ) yang dilengkapi analisis Shift Share yang berguna untuk mengetahui pergeseran sektor yang ada di Kota Batu. Dan untuk lebih memudahkan kita untuk mengetetahui klasifikasi sektor tersebut tergolong sektor potensial (basis) dalam penelitian ini menggunakan analisis Tipologi klassen. Berdasarkan hasil analisis LQ sektor yang memiliki indeks LQ lebih besar dari satu (sektor basis) adalah sektor pertanian dengan LQ rata-rata sebesar 1 29% perdagangan hotel dan restoran dengan LQ rata-rata sebesar 1 51% dan sektor jasa-jasa 1 66%. Hasil metode analisis Shift-Share menggunakan komponen pertumbuhan differential positif yaitu sektor pertanian industri pengolahan listrik dan air bersih bangunan persewaan dan jasa perusahaan serta sektor jasa-jasa. Hal tersebut mengindikasikan bahwa sektor-sektor tersebut tumbuh lebih cepat dibandingkan sektor ekonomi yang sama dengan propinsi Jawa Timur sehingga sektor tersebut memiliki daya saing tinggi dan berpotensi untuk dikembangkan untuk memacu pertumbuhan ekonomi Kota Batu. Sedangkan komponen pertumbuhan proporsional sektor yang menunjukkan positif yaitu pertambangan dan penggalian perdagangan hotel dan restoran pengangkutan dan komunikasi keuangan persewaan dan jasa perusahaan serta sektor jasa-jasa. Hal ini berarti Kota Batu terkonsentrasi dan harus berspesialisasi pada sektor yang sama dengan sektor yang tumbuh cepat di perekonomian Jawa Timur. Hasil analisis tipologi klassen menunjukkan sektor yang tergolong sektor potensial dan tergolong sektor basis ada 3 antara lain sektor yang tergolong istimewa adalah sektor jasa-jasa sektor yang tergolong baik sekali adalah sektor pertanian dan sektor yang tergolong baik adalah sektor perdagangan hotel dan restoran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Ekonomi dan Studi Pembangunan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 22 Jul 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/41319

Actions (login required)

View Item View Item