Analisis pengaruh suku bunga Bank Indonesia, kurs dollar dan jumlah uang beredar terhadap inflasi di Indonesia tahun 2000-2010 / Ryan Agustin

Agustin, Ryan (2011) Analisis pengaruh suku bunga Bank Indonesia, kurs dollar dan jumlah uang beredar terhadap inflasi di Indonesia tahun 2000-2010 / Ryan Agustin. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci: suku bunga Bank Indonesia, kurs US Dollar, jumlah uang beredar, inflasi Inflasi merupakan suatu fenomena ekonomi yang mencerminkan kenaikan tingkat harga secara terus menerus dalam jangka waktu tertentu yang diikuti dengan penurunan nilai uang. Inflasi yang tinggi berpengaruh luas pada berbagai sektor kehidupan. Menurut teori kuantitas, jumlah uang beredar adalah sebab utama naiknya tingkat inflasi. Maka digunakan instrumen kebijakan moneter berupa suku bunga untuk mengendalikan tingkat inflasi. Selain itu, inflasi juga dapat ditimbulkan karena tekanan nilai tukar. Nilai tukar yang melemah juga dapat menaikkan laju inflasi Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh dari suku bunga Bank Indonesia (BI Rate), kurs US Dollar dan jumlah uang beredar terhadap inflasi di Indonesia tahun 2000-2010. Penelitian dirancang menggunakan metode kuantitatif dan termasuk dalam jenis penelitian korelasional. Data dalam penelitian ini merupakan data sekunder tentang suku bunga Bank Indonesia, kurs US Dollar, jumlah uang beredar dan inflasi dan diperoleh dari Statistik Ekonomi Keuangan Indonesia. Data yang terkumpul dengan cara dokumentasi dianalisis secara matematis dengan teknik regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa suku bunga Bank Indonesia memiliki pengaruh yang signifikan terhadap inflasi, kurs US Dollar memiliki pengaruh yang signifikan terhadap inflasi, jumlah uang beredar memiliki pengaruh yang signifikan terhadap inflasi. Secara simultan suku bunga Bank Indonesia, kurs US Dollar dan jumlah uang beredar berpengaruh signifikan terhadap inflasi di Indonesia. Saran penulis bahwa lembaga Universitas Negeri Malang hendaknya hasil penelitian ini dapat dijadikan sebagai bahan informasi, kepustakaan dan diharapkan dapat menjadi sumbangan bagi kepentingan atau perkembangan lembaga terutama dalam bidang kajian permasalahan ekonomi perbankan. Hasil penelitian ini dapat dijadikan referensi dan acuan kepada penelitian selanjutnya misalnya penelitian tentang inflasi pasca kenaikan harga BBM atau pengaruh implementasi kebijakan moneter terhadap inflasi. Hasil penelitian ini dapat dijadikan referensi dan juga rujukan bahan pertimbangan saat terjadi fluktuasi inflasi di Indonesia.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Ekonomi (FE) > Jurusan Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Ekonomi dan Studi Pembangunan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 03 Mar 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/41305

Actions (login required)

View Item View Item