Pengaruh kinerja perbankan terhadap pertumbuhan ekonomi di Indonesia periode tahun 2000-2009 / Avicenna Syaiful Hidayat - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh kinerja perbankan terhadap pertumbuhan ekonomi di Indonesia periode tahun 2000-2009 / Avicenna Syaiful Hidayat

Hidayat, Avicenna Syaiful (2011) Pengaruh kinerja perbankan terhadap pertumbuhan ekonomi di Indonesia periode tahun 2000-2009 / Avicenna Syaiful Hidayat. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci tingkat pertumbuhan ekonomi di Indonesia ROA ROE PI Penelitian ini mencoba mendeskripsikan kondisi pertumbuhan perekonomian di Indonesia yang dipengaruhi oleh performa kinerja perbankan di Indonesia. Periode yang dipilih adalah periode dalam waktu sepuluh tahun terakhir yaitu tahun 2000-2009. Ada hubungan positif dan negatif antara performa kinerja perbankan dengan perekonomian oleh sebab itu perlu kiranya diteliti secara lebih lanjut mengenai kondisi hubungan ini. Variabel yang dijadikan objek penelitian untuk mewakili kinerja perbankan adalah analisis rasio keuangan ROA ROE dan PI. Alat analisis yang dipergunakan dalam penelitian kali ini adalah Regresi Liniear Berganda. Dengan hasil regresi secara parsial variabel ROA saja yang signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi dan variabel yang lain tidak signifikan. Sedangkan hasil regresi secara simultan didapat kinerja perbankan pada penelitian kali ini tidak signifikan mempengaruhi pertumbuhan ekonomi. Hal ini dimungkinkan karena adanya dampak krisis global sehingga terjadi ketakutan publik dan menyebabkan para petinggi perbankan lebih memilih mengalokasikan dananya pada instrument keuangan seperti SBI dan SUN. Diharapkan pada para peneliti selanjutnya agar mengambil variabel kinerja perbankan lainnya yang sekiranya mampu berdampak signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi. Serta menggunakan alat analisis lainnya sehingga model yang akan diteliti telah teruji kevalidannya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Ekonomi dan Studi Pembangunan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 25 Feb 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/41300

Actions (login required)

View Item View Item