Analisa peranan sektor pariwisata dalam penyerapan tenaga kerja di Kabupaten Malang tahun 2007-2009 / Dewi Kurniawati - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisa peranan sektor pariwisata dalam penyerapan tenaga kerja di Kabupaten Malang tahun 2007-2009 / Dewi Kurniawati

Kurniawati, Dewi (2011) Analisa peranan sektor pariwisata dalam penyerapan tenaga kerja di Kabupaten Malang tahun 2007-2009 / Dewi Kurniawati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci Sektor Pariwisata tenaga kerja PDRB Salah satu sektor yang berperan dalam pembangunan di Indonesia sekaligus memberikan kontribusi yang cukup besar baik dalam hal perolehan devisa maupun penciptaan kesempatan kerja adalah sektor pariwisata. Sektor pariwisata merupakan salah satu instrumen yang sangat efektif dalam upaya mendorong pembangunan daerah pemberdayaan masyarakat serta menanggulangi kemiskinan. Sektor pariwisata diyakini merupakan salah satu sektor yang mampu berperan untuk mewujudkan tujuan tersebut. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perkembangan sektor pariwisata di kabupaten Malang untuk mengetahui peranan sektor pariwisata terhadap penyerapan tenaga kerja di kabupaten Malang dan untuk menganalisa strategi sektoral yang tepat guna mengembangkan sektor pariwisata yang ada untuk mendukung tercapainya pertumbuhan ekonomi kabupaten Malang. Penelitian ini dilakukan di kabupaten Malang dengan data tahun 2007 2009. Analisis yang digunakan adalah analisis tipologi klassen untuk mengetahui peranan sektor pariwisata dalam penyerapan tenaga kerja dilihat dari PDRB dan analisis SWOT untuk mencari faktor kekuatan kelemahan peluang dan ancaman dalam proses perkembangan pariwisata kabupaten Malang dan menentukan strategi yang tepat untuk mengembangkannya. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa perkembangan pariwisata kabupaten Malang masih tergolong taraf nasional sektor pariwisata tidak terlalu besar peranannya dalam penyerapan tenaga kerja karena sektor yang paling banyak menyerap tenaga kerja di kabupaten Malang adalah sektor industri pengolahan dan proses perkembangannya masih didominasi oleh faktor kelemahan dan hambatan sehingga strategi yang tepat adalah strategi defensif. Berdasar hasil penelitian dapat disarankan dengan memasukkan objek wisata di kabupaten Malang ke dalam event event atau festival kebudayaan dan diharapkan status kepariwisataan di Kabubaten Malang dapat meningkat ke taraf internasional membentuk usaha usaha wisata baru yang dapat menarik wisatawan dan menciptakan lapangan usaha baru mengadakan promosi dan memperbanyak usaha wisata dan memperbaiki sarana dan prasarana pendukung wisata khususnya di daerah terpencil.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Ekonomi dan Studi Pembangunan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 25 Feb 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/41299

Actions (login required)

View Item View Item