Kinerja pengelolaan restribusi pelayanan parkir untuk meningkatkan pendapatan asli daerah kota Malang / Niko Hajar Dewantara - Repositori Universitas Negeri Malang

Kinerja pengelolaan restribusi pelayanan parkir untuk meningkatkan pendapatan asli daerah kota Malang / Niko Hajar Dewantara

Dewantara, Niko Hajar (2011) Kinerja pengelolaan restribusi pelayanan parkir untuk meningkatkan pendapatan asli daerah kota Malang / Niko Hajar Dewantara. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci kinerja retribusi parkir Pendapatan Asli Daerah. Sejak tahun 2001 telah dilakukan perubahan terhadap tata pemerintahan di Indonesia yang sangat berarti dan bersifat fundamental yaitu telah terjadi perubahan didalam pola pengaturan hubungan antara pemerintah pusat dan pemerintah daerah. Pola yang semula sentralistik diubah menjadi desentralisasi dan otonomi daerah guna membentuk kemandirian daerah. Untuk merealisasikan hal tersebut sebagaimana daeah lain Pemerintah Daerah Kota Malang perlu berusaha secara aktif untuk meningkatkan serta menggali sumber-sumber penerimaan daerah terutama penerimaan yang berasal dari daerah sendiri atau yang sering disebut dengan Pendapatan Asli Daerah. Pendapatan Asli Daerah sebagai salah satu sumber penerimaan daerah mempunyai peranan penting dalam pembangunan daerah. Hal ini dapat dilihat dalam pelaksanaan Otonomi Daerah dimana peranan PAD diharapkan dan diupayakan dapat menjadi penyangga utama dalam membiayai kegiatan pembangunan di daerah. Penerimaan yang memungkinkan untuk dikembangkan adalah penerimaan retribusi terutama di wilayah pemerintah daerah tingkat II yang salah satu diantaranya ialah retribusi parkir. Meskipun bukan penerimaan retribusi yang utama namun retribusi pelayanan parkir Kota Malang memiliki peranan yang cukup penting yakni sebagai salah satu penyumbang dalam penerimaan retribusi daerah pada khususnya dan PAD pada umumnya. Dalam penelitian ini peneliti merumuskan masalah sebagai berikut. (1) Bagaimana perkembangan Retribusi Pelayanan Parkir dan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kota Malang (2) Bagaimana realisasi Retribusi Pelayanan Parkir atas targetnya (3) Seberapa besar kontribusi Retribusi Pelayanan Parkir dalam meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kota Malang (4) Seberapa besar potensi penerimaan Retribusi Pelayanan Parkir berdasarkan survei dalam meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kota Malang (5) Upaya apa yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kinerja pengelolaan Retribusi Pelayanan Parkir untuk meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kota Malang. Untuk menjawab pertanyaan tersebut penelitian ini dirancang dengan jenis penelitian deskriptif dengan menggabungkan metode kuantitatif dan metode kualitatif. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis kontribusi persentase dan teknik analisis SWOT (Strength Weakness Opportunity Treatment). Penelitian ini dilakukan di Dinas Pendapatan Asli Daerah (Dispenda) dan Dinas Perhubungan Kota Malang dan salah satu lokasi parkir dengan teknik survei lapangan dan dokumentasi. Dari hasil penelitian ini ditemukan bahwa (1) Rata-rata perkembangan penerimaan Pendapatan Asli Daerah 13 01% pertahun. Rata-rata perkembangan penerimaan retribusi parkir menunjukkan angka 31 39% pertahun (2) Rata-rata persentase realisasi retribusi parkir atas targetnya adalah sebesar 100 54% pertahun (3) Rata-rata kontribusi retribusi pelayanan parkir terhadap pendapatan asli daerah ialah 1 57% pertahun (4) Retribusi pelayanan parkir dapat ditingkatkan minimal sebesar 3 2 kali dan maksimal sebesar 4 32 kali. Sehingga secara kasar pada tahun 2009 retribusi pelayanan parkir dapat menyumbang pendapatan asli daerah minimal sebesar 7 19% pertahun dan maksimal sebesar 9 47% pertahun (5) Ada 2 jenis upaya yang bisa dilakukan untuk meningkatkan kinerja pengelolaan retribusi pelayanan parkir di Kota Malang yaitu upaya intensifikasi dan ekstensifikasi. Adapun saran yang dapat dijadikan pertimbangan dalam mengoptimalkan retribusi pelayanan parkir dalam kaitannya dengan PAD Kota Malang adalah (1) Bagi Dinas Perhubungan agar berperan aktif dalam mendorong penerimaan retribusi pelayanan parkir baik melalui beberapa upaya (2) DPRD Kota Malang dapat menetapkan kebijakan yang mendukung pengelolaan retribusi pelayanan parkir Kota Malang (3) Bagi juru parkir agar melakukan pemungutan retribusi pelayanan parkir sesuai prosedur yang diberlakukan (4) Bagi peneliti lain agar menggunakan beberapa lokasi sehingga hasil analisis yang dilakukan bisa lebih halus rasional dan terpercaya untuk mendapatkan hasil penelitian yang lebih baik (5) Bagi masyarakat agar melaporkan berbagai tindak kecurangan/pelanggaran yang terjadi terkait masalah parkir kepada pihak yang berwenang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Ekonomi dan Studi Pembangunan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 10 Feb 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/41289

Actions (login required)

View Item View Item