Dampak fluktuasi indeks harga saham dan ekspor netto terhadap kurs rupiah pada masa krisis global / Fatoni - Repositori Universitas Negeri Malang

Dampak fluktuasi indeks harga saham dan ekspor netto terhadap kurs rupiah pada masa krisis global / Fatoni

Fatoni, Zulfikar (2011) Dampak fluktuasi indeks harga saham dan ekspor netto terhadap kurs rupiah pada masa krisis global / Fatoni. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci indeks harga saham ekspor netto krisis global kurs rupiah. Kurs atau nilai tukar memiliki peranan yang penting bagi perekonomian suatu negara. Apresiasi dan depresiasi nilai tukar mata uang suatu negara akan sangat mempengaruhi aktivitas dan stabilitas perekonomian negara tersebut. Pada tahun 2008 dunia dikejutkan dengan krisis finansial yang dialami oleh Amerika Serikat. Krisis tersebut bermula dari kerugian surat berharga property atau yang biasa disebut subprime mortgage yang dialami oleh lembaga-lembaga keuangan Amerika Serikat. Krisis ini pada akhirnya menjadi krisis keuangan global yang ikut mempengaruhi perekonomian negara-negara lain di seluruh dunia termasuk Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak dari fluktuasi nilai indeks harga saham dan ekspor netto yang terjadi pada saat krisis global terhadap kurs rupiah. Penelitian dirancang menggunakan metode kuantitatif dan termasuk dalam jenis penelitian korelasional. Data penelitian penelitian merupakan data sekunder dan diperoleh dengan menggunakan instrumen check list. Data yang terkumpul dianalisis secara matematis dengan teknik regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa fluktuasi indeks harga saham berhubungan searah dengan kurs rupiah dan tidak berdampak signifikan fluktuasi ekspor netto memiliki hubungan yang negatif dengan kurs rupiah dan berpengaruh signifikan krisis global memiliki hubungan yang positif dengan kurs rupiah dan berdampak signifikan. Secara umum fluktuasi nilai indeks harga saham ekspor netto dan krisis global secara bersamaan berpengaruh signifikan terhadap kurs rupiah. Saran penulis bahwa lembaga Universitas Negeri Malang hendaknya hasil penelitian ini dapat dijadikan sebagai bahan informasi kepustakaan dan diharapkan dapat menjadi sumbangan bagi kepentingan atau perkembangan lembaga terutama dalam bidang kajian permasalahan ekonomi. Peneliti selanjutnya hendaknya mampu menjelaskan secara lebih rinci mengenai hubungan masing-masing variabel terikat terhadap kurs rupiah dan bagi lembaga penentu kebijakan hendaknya hasil penelitian ini dijadikan referensi dan juga rujukan bahan pertimbangan saat terjadi krisis global di masa yang akan datang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Ekonomi dan Studi Pembangunan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 08 Feb 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/41286

Actions (login required)

View Item View Item