Pengembangan desa wisata bunga di Desa Sidomulyo Kecamatan Batu Kota Batu / Ririn Wahyuning - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan desa wisata bunga di Desa Sidomulyo Kecamatan Batu Kota Batu / Ririn Wahyuning

Wahyuning, Ririn (2011) Pengembangan desa wisata bunga di Desa Sidomulyo Kecamatan Batu Kota Batu / Ririn Wahyuning. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Pengembangan dan Desa Wisata Bunga Pariwisata merupakan sektor yang dapat memberikan peranan besar bagi pembangunan suatu daerah sekaligus memberikan kontribusi bagi perolehan devisa maupun penciptaan kesempatan kerja. Melihat peranan dan kontribusi yang begitu besar terhadap pembangunan di Indonesia maka kekayaan pariwisata perlu dikembangkan secara berkelanjutan. Untuk mengetahui fokus dari penelitian ini maka peneliti merumuskan masalah sebagai berikut. (1) Bagaimana gambaran umum wilayah dan potensi ekonomi di Desa Sidomulyo Kecamatan Batu Kota Batu (2) Bagaimana kesiapan dan upaya masyarakat dalam mengembangkan desa wisata bunga di Desa Sidomulyo Kecamatan Batu Kota Batu (3) Apa saja faktor pendukung dan penghambat dalam mengembangkan desa wisata bunga di Desa Sidomulyo Kecamatan Batu Kota Batu Jenis penelitian dalam skripsi ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Kedudukan peneliti dalam penelitian kualitatif merupakan perencana pelaksana pengumpulan data analis penafsir data dan pada akhirnya menjadi pelapor hasil penelitian. Sehingga peneliti adalah instrumen kunci penelitian. Jenis data dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data dengan wawancara observasi dan dokumentasi. Analisis data menggunakan verifikasi data atau menyimpulkan pemaparan data atau penyajian dan reduksi data. Temuan penelitian menunjukkan bahwa potensi yang terdapat di Desa Sidomulyo dapat dikembangkan menuju pengembangan Desa Wisata Bunga hal ini ditunjang dengan adanya dukungan sumber daya manusia lingkungan sarana dan prasarana dan promosi dalam memasarkan Desa Wisata Bunga sehingga dapat meningkatkan pendapatan masyarakat lokal khususnya masyarakat Desa Sidomulyo. Namun dalam pengembangan tersebut masih ada faktor penghambatnya seperti kurangnya modal lesunya perekonomian dan persaingan tidak sehat diantara petani. Berdasarkan hasil penelitian disarankan agar dalam mengembangkan Desa Wisata Bunga peran masyarakat merupakan sebagai pendorong utama tumbuhnya inovasi bagi pengembangan desanya. Hal ini ditunjang dengan ketersediaan dan kecakapan sumber daya manusia sarana dan prasarana dan lingkungan fisik maupun sosial yang baik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Ekonomi dan Studi Pembangunan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 08 Feb 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/41285

Actions (login required)

View Item View Item