Analisis pengaruh penanaman modal asing dan utang luar negeri terhadap pertumbuhan ekonomi Indonesia / Khoni Nurisya - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis pengaruh penanaman modal asing dan utang luar negeri terhadap pertumbuhan ekonomi Indonesia / Khoni Nurisya

Nurisya, Khoni (2011) Analisis pengaruh penanaman modal asing dan utang luar negeri terhadap pertumbuhan ekonomi Indonesia / Khoni Nurisya. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci GDP pertumbuhan ekonomi utang luar negeri penanaman modal asing. Indonesia sebagai negara sedang membangun memiliki pertumbuhan ekonomi yang bagus di tahun 1990-an. Ini ditunjukkan dengan peningkatan GDP tahun per tahun stabilitas inflasi dan sebagainya. Tetapi sejak tahun 1997 krisis ekonomi yang melanda negara-negara Asia pertumbuhan ekonomi Indonesia mengalami penurunan. Itu berakibat pada sektor moneter dan sektor riil dan ditambah lagi dengan semakin meningkatnya jumlah utang luar negeri Indonesia sebagai akibat dari nilai tukar rupiah yang semakin terus menurun karena utang luar negeri Indonesia seluruhnya dalam bentuk Dollar Amerika. Metode analisis yang digunakan adalah model Error Correction Model (ECM). Untuk tujuan analisis digunakan data sekunder berupa data time series 1994-2008 yaitu data PDB Indonesia Penanaman Modal Asing dan Utang Luar Negeri. Data tersebut diperoleh dari Badan Pusat Statistik (BPS) Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) dan Bank Indonesia. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Penanaman Modal Asing dan Utang Luar Negeri berpengaruh signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi Indonesia dengan nilai koefisien determinasi (R2) sebesar 99 20 persen. Hasil analisis menunjukkan bahwa Penanaman Modal Asing dalam jangka pendek berpengaruh positif dan signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi Indonesia. Tetapi dalam jangka panjang Penanaman Modal Asing berpengaruh negatif dan signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi Indonesia. Dan Utang Luar Negeri dalam jangka pendek dan jangka panjang berpengaruh negatif dan signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi Indonesia. Penanaman modal asing dan Utang luar negeri merupakan salah satu cara yang ditempuh oleh pemerintah Indonesia guna mengatasi defisit tabungan nasional yang mana dapat mendorong pembangunan nasional untuk mendapatkan pertumbuhan ekonomi yang baik. Berdasarkan hal-hal yang dikemukakan diatas Penulis mencoba untuk membahas masalah pertumbuhan ekonomi di Indonesia dalam hubungannya dengan penanaman modal asing (PMA) dan utang luar negeri (ULN) dengan mengangkat judul Analisis Pengaruh Penanaman Modal Asing dan Utang Luar Negeri terhadap Pertumbuhan Ekonomi Indonesia .

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Ekonomi dan Studi Pembangunan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 02 Feb 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/41279

Actions (login required)

View Item View Item