Analisis perbandingan kinerja keuangan antara PT Bak Syariah Mandiri dengan PT. Bank Mandiri (Persero) Tbk periode 2002-2010 / Benni Budhi Satria - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis perbandingan kinerja keuangan antara PT Bak Syariah Mandiri dengan PT. Bank Mandiri (Persero) Tbk periode 2002-2010 / Benni Budhi Satria

Satria, Benni Budhi (2011) Analisis perbandingan kinerja keuangan antara PT Bak Syariah Mandiri dengan PT. Bank Mandiri (Persero) Tbk periode 2002-2010 / Benni Budhi Satria. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci Persepsi Pola Asuh Kompetensi Guru Prestasi Belajar. Dalam penelitian ini akan dikaji tentang tiga macam pola asuh orang tua yaitu pola asuh otoriter permisif dan demokratis serta empat macam kompetensi guru yaitu kompetensi pedagogik kompetensi personal kompetensi professional dan kompetensi sosial. Pembagian tiga macam pola asuh tersebut didasarkan pada pendapat dari Gunarsa (1983). Sedangkan empat macam kompetensi yang akan dikaji didasarkan atas Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan (SNP). Pola asuh orang tua dan kompetensi guru patut untuk dikaji karena keduanya merupakan faktor penentu keberhasilan siswa dalam belajar dan meningkatkan prestasi belajarnya. Pola pengasuhan orang tua yang tepat akan sangat mempengaruhi kepribadian seorang anak. Hal ini berarti pola asuh merupakan salah satu penentu kualitas seorang anak. Disisi lain peran guru juga sangat penting. Guru yang kompeten dalam bidangnya akan mempengaruhi prestasi belajar siswa. Hal ini berati kompetensi guru juga merupakan salah satu penentu kualitas belajar siswa. Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana deskripsi persepsi siswa tentang pola asuh orang tua (2) Bagaimana deskripsi persepsi siswa tentang kompetensi guru ekonomi (3) Bagaimana deskripsi prestasi belajar ekonomi siswa (4) Bagaimana pengaruh persepsi siswa tentang pola asuh orang tua terhadap prestasi belajar ekonomi (5) Bagaimana pengaruh persepsi siswa tentang kompetensi guru ekonomi yang tersertifikasi dan belum tersertifikasi terhadap prestasi belajar ekonomi (6) Bagaimana pengaruh persepsi siswa tentang pola asuh orang tua dan kompetensi guru ekonomi yang tersertifikasi dan belum tersertifikasi terhadap prestasi belajar ekonomi . Variabel yang digunakan dalam penelitian ini adalah pola asuh orang tua dan kompetensi guru ekonomi sebagai variabel independen dan prestasi belajar ekonomi sebagai variabel dependen. Rancangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X reguler SMAN 2 Malang. Sampel yang diambil sebanyak 70 siswa dengan teknik purposive random sampling yang diperoleh dengan rumus Slovin. Teknik pengumpulan data adalah melalui angket dan dokumentasi. Adapun alat analisis yang digunakan adalah analisis statistika deskriptif dan regresi linear berganda. Hasil dari penelitian ini adalah (1) Pola asuh yang diterapkan oleh orang tua siswa kelas X reguler SMAN 2 Malang sebagian besar (73%) adalah demokratis dan 27% lainnya otoriter. (2) Kompetensi guru ekonomi SMAN 2 Malang adalah cukup baik (59%). (3) Prestasi belajar ekonomi siswa kelas X reguler SMAN 2 Malang adalah baik (87%). (4) Ada pengaruh positif dan signifikan antara pola asuh orang tua terhadap prestasi belajar siswa di bidang ekonomi. (5) Ada pengaruh positif dan signifikan antara kompetensi guru ekonomi terhadap prestasi belajar siswa di bidang ekonomi. (6) Ada pengaruh positif dan signifikan antara pola asuh orang tua dan kompetensi guru ekonomi terhadap prestasi belajar bidang studi ekonomi. Saran yang dapat diberikan berdasarkan hasil penelitian di atas yaitu (1) Orang tua hendaknya dapat menjadi teladan bagi anak-anaknya. (2) Orang tua hendaknya memberikan penjelasan tentang kesalahan yang diperbuat anak sebelum memberikan hukuman. (3) Orang tua hendaknya memberikan hukuman sesuai dengan kesalahan. (4) Orang tua hendaknya memberikan pujian atau hadiah kepada anak jika anak melakukan sesuatu sesuai dengan harapan orang tua. (5) Orang tua hendaknya memberikan kesempatan kepada anak untuk mengutarakan pendapat dan keinginan. (6) Guru hendaknya melakukan pre test di awal pelajaran untuk mengetahui kemampuan awal siswa. (7) Guru hendaknya lebih peduli terhadap masalah kesulitan belajar yang dihadapi siswa. (8) Guru hendaknya menunjukkan sikap lebih berwibawa di depan siswa-siswinya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Ekonomi dan Studi Pembangunan
Depositing User: library UM
Date Deposited: 27 Jan 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/41274

Actions (login required)

View Item View Item