Kontribusi dan optimalisasi retribusi pasar, retribusi parkir, dan retribusi pariwisata terhadap pendapatan asli daerah (PAD) Kota Malang tahun 2005-2009 / Dani Surya Putra - Repositori Universitas Negeri Malang

Kontribusi dan optimalisasi retribusi pasar, retribusi parkir, dan retribusi pariwisata terhadap pendapatan asli daerah (PAD) Kota Malang tahun 2005-2009 / Dani Surya Putra

Putra, Dani Surya (2011) Kontribusi dan optimalisasi retribusi pasar, retribusi parkir, dan retribusi pariwisata terhadap pendapatan asli daerah (PAD) Kota Malang tahun 2005-2009 / Dani Surya Putra. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci otonomi daerah Kontribusi Optimalisasi retribusi pasar retribusi parkir retribusi pariwisata PAD. Otonomi daerah merupakan aplikasi dari suatu kebijakan yang menetapkan bahwa kabupaten maupun kota sebagai titik beratnya. Inti dari pelaksanaan otonomi daerah adalah upaya untuk memaksimalkan hasil yang akan dicapai sekaligus menghindari kerumitan dan hal-hal yang menghambat pelaksanaan otonomi daerah. Dengan demikian tuntutan masyarakat dapat diwujudkan secara nyata dengan penerapan otonomi daerah luas dan kelangsungan pelayanan umum tidak diabaikan serta memelihara kesinambungan fiskal secara nasional. Meskipun bukan penerimaan retribusi yang utama namun retribusi pasar parkir dan pariwisata Kota Malang memiliki peranan yang cukup penting yakni sebagai salah satu penyumbang dalam penerimaan retribusi daerah pada khususnya dan PAD pada umumnya.Untuk mengetahui fokus dari penelitian ini maka peneliti merumuskan masalah sebagai berikut. (1) Bagaimanakah Kontibusi retribusi pasar Terhadap PAD Kota Malang tahun 2005-2009 (2) Bagaimanakah Kontribusi retribusi parkir Terhadap PAD Kota Malang tahun 2005-2009 (3) Bagaimanakah Kontribusi retribusi pariwisata terhadap Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kota Malang tahun 2005-2009 (4)Bagaimanakah Optimalisasi yang dilakukan oleh Pemerintahan Kota Malang Untuk menjawab pertanyaan tersebut penelitian ini dirancang dengan rancangan deskriptif kuantitatif. Penelitian dilakukan di Dinas Pendapatan Asli Daerah (Dispenda) dan Dinas Pasar Dinas Perhubungan dan Dinas Pariwisata Kota Malang dengan teknik wawancara dan dokumentasi. Rincian data yang digunakan terdiri dari retribusi pasar selama 5 (lima) tahun yakni mulai tahun 2005 hingga tahun 2009 Retribusi Parkir selama 5 (lima) tahun 2005 hingga Tahun 2009 Retribusi Pariwisata selama 5 (lima) tahun 2005 hingga tahun 2009. Dari hasil penelitian ini ditemukan bahwa (1) Kontribusi rata- rata retribusi pasar terhadap PAD Kota Malang sebesar 3 52% Jadi dapat dikatakan bahwa potensi retribusi pasar dalam menyumbang PAD Kota Malang adalah sebesar 3 52%. Terbilang kecil dikarenakan oleh retribusi pasar merupakan salah satu bagian kecil dalam retribusi daerah yang termasuk retribusi jasa umum PAD terdiri dari 4 variabel pokok dan 3 subvariabel yang terdiri dari 27 retribusi.(2)Rata-rata kontribusi dari retribusi parkir terhadap PAD Kota Malang adalah sebesar 1 56%. Jadi dapat dikatakan bahwa potensi retribusi parkir dalam menyumbang PAD Kota Malang adalah sebesar 1 56%. Messkipun selalu mengalami peningkatan namun terbilang kecil dikarenakan oleh retribusi pelayanan parkir merupakan salah satu bagian kecil dalam retribusi daerah yang termasuk retribusi jasa umum PAD terdiri dari 4 variable pokok dan 3 subvariable yang terdiri dari 27 retribusi.(3)Rata-rata kontribusi dari retribusi pariwisata terhadap PAD Kota Malang adalah sebesar 0 08%. Jadi dapat dikatakan bahwa potensi retribusi pariwisata dalam menyumbang PAD Kota Malang adalah sebesar 0 08%.Walau tidak cukup besar di bandingkan retribusi pasar dan parkir tetapi retribusi pariwisata memberikan peran dalam peningkatan PAD kota Malang.(4)Pemerintahan Kota Malang sudah melakukan langkah-langkah Optomalisaisi seperti yang di lakukan oleh dinas Pasar Kota Malang yaitu peningkatan kualitas pegawai peningkatan pengawasan pungutan. Peningkatan penyuluhan semua itu ditujukan untuk menghindari atau meminimalisir sifat-sifat curang yang dilakukan oleh pegawai dinas pasar dalam melakukan pungutan. Dinas Perhubungan dan Dinas Pariwisata juga melakukan optimalisaisi seperti peningkatan koordinasi dalam pengelolaan parkir pengawasan terhadap tukang parkir yang bertindak curang dan perbaikan sarana prasarana pariwisata oleh dinas pariwisata. Maka saran yang dapat diajukan adalah sebagai berikut. 1) Bagi pemerintah Perlu dioptimalkan dan digali lagi sumber- sumber yang telah ada dalam retribusi pasar retribusi parkir dan retribusi dengan cara pengoptimalan kembali usaha intensifikasi dan ekstensifikasi pasar parkir dan pariwisata. 2) Bagi peneliti selanjutnya mengingat adanya keterbatasan dalam penelitian ini yaitu mengenai teknik pengambilan data yang lebih menitikberatkan pada data sekunder maka penelitian selanjutnya perlu dilakukan untuk mendapatkan hasil penelitian yang lebih baik dan mendalam dengan menggali sumber data primer.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Ekonomi dan Studi Pembangunan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 26 Jan 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/41271

Actions (login required)

View Item View Item