Studi komparasi partisipasi siswa dalam pembelajaran daring dan pembelajaran tatap muka terbatas di SMP Negeri 15 Kota Malang - Repositori Universitas Negeri Malang

Studi komparasi partisipasi siswa dalam pembelajaran daring dan pembelajaran tatap muka terbatas di SMP Negeri 15 Kota Malang

Sukmawati, Lutviana (2022) Studi komparasi partisipasi siswa dalam pembelajaran daring dan pembelajaran tatap muka terbatas di SMP Negeri 15 Kota Malang. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Partisipasi siswa merupakan wujud penting yang perlu diperhatikan saat pembelajaran mengingat hal ini akan menjadi suatu pertimbangan dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Pendidikan di masa pandemi Covid-19 telah berlangsung selama dua tahun. Hal tersebut tentu memberikan dampak besar terhadap guru maupun siswa, seperti budaya belajar yang berubah-ubah. Adanya perubahan dari sistem pembelajaran daring ke tatap muka terbatas tentu membuat perubahan pula terhadap partisipasi siswa yang bahkan dapat memberikan hasil belajar yang berbeda dari sebelumnya. Tujuan penelitian ini yakni (1) Menganalisis tingkat partisipasi siswa SMPN 15 Kota Malang selama pembelajaran daring, (2) Menganalisis tingkat partisipasi siswa SMPN 15 Kota Malang selama pembelajaran tatap muka terbatas, (3) Menganalisis perbedaan tingkat partisipasi siswa SMPN 15 Kota Malang selama pembelajaran daring dengan pembelajaran tatap muka (PTM) terbatas. Penelitian ini merupakan penelitian dengan pendekatan kuantitatif deskriptif melalui metode survei. Metode ini digunakan untuk menganalisis tingkat partisipasi siswa dan menganalisis perbedaan partisipasi siswa pada pembelajaran daring dan pembelajaran tatap muka (PTM) terbatas. Pemilihan sampel pada penelitian ini diambil melalui teknik proportionate stratified random sampling. Teknik ini digunakan untuk mengambil populasi masing-masing jenjang kelas secara proporsional, kemudian dipilih secara acak. Teknik dalam mengumpulkan data menggunakan kuesioner, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif dengan uji hipotesis menggunakan uji t. Hasil temuan lapangan menunjukkan bahwa tingkat partisipasi siswa SMP Negeri 15 Kota Malang dalam pembelajaran daring memiliki tingkat partisipasi yang tinggi, namun dalam pembelajaran tatap muka memiliki partisipasi lebih tinggi jika dibandingkan dengan partisipasi selama pembelajaran secara daring. Implikasi hasil temuan ini memberikan kontribusi guna memahami keefektifan pembelajaran di era pandemi Covid-19 yang kemudian perbedaan diantara kedua sistem tersebut dapat dijadikan sebagai bahan evaluasi atau need assessment (analisis kebutuhan) bagi guru IPS.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sosiologi > S1 Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: mr mahasiswa UM
Date Deposited: 26 Jul 2023 08:05
Last Modified: 26 Jul 2023 08:05
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/4127

Actions (login required)

View Item View Item