Analisis keberlangsungan industri keramik Dinoyo Kelurahan Dinoyo Kecamatan Lowokwaru Kota Malang / Vivin Andriani - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis keberlangsungan industri keramik Dinoyo Kelurahan Dinoyo Kecamatan Lowokwaru Kota Malang / Vivin Andriani

Andriani, Vivin (2010) Analisis keberlangsungan industri keramik Dinoyo Kelurahan Dinoyo Kecamatan Lowokwaru Kota Malang / Vivin Andriani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Industri Keramik Keberlangsungan Pengrajin Kondisi dan pengembangan industri di Indonesia masih memerlukan perhatian khusus dalam keberlangsungannya dalam hal pengadaan sumber daya alam pelatihan sumber daya yang terampil sistem pemasaran yang rendah dan impor yang masih tinggi. Keadaan demikian menuntut peran serta pelaku industri untuk lebih meningkatkan upaya dan strategi dalam mempertahankan usaha yang dijalankan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apa saja faktor-faktor yang menunjang keberlangsungan industri keramik berdasarkan sudut pandang pengrajin keramik Dinoyo untuk menjabarkan bagaimana peran intensif pemerintah dalam mengembangkan industri keramik di Dinoyo dan untuk mengetahui prospek kedepan dan keberlanjutan industri keramik dilihat dari sisi pengrajin keramik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dimana obyek dalam penelitian ini adalah pengrajin keramik Dinoyo yang tetap bertahan memproduksi keramik sampai saat ini (2010). Penelitian ini berlokasi di Kelurahan Dinoyo Kecamatan Lowokwaru Kota Malang tepatnya di sepanjang jalan MT. Haryono. Data yang didapat data primer berupa informasi yang dilakukan dengan teknik wawancara langsung dan mendalam kepada para pengrajin keramik Dinoyo dan pihak kepemerintahan yang terkait dengan kegiatan industri keramik Dinoyo. Hasil penelitian menunjukkan upaya-upaya yang dilakukan para pengrajin dan pihak pemerintah meliputi beberapa hal yaitu dalam hal pengadaan bahan baku peningkatan kualitas SDM melalui pelatihan-pelatihan teknik pemasaran melalui perluasan jaringan-jaringan pameran dan situs web. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disarankan agar dilakukan penelitian lebih lanjut misalnya lebih bervariasi faktor-faktor keberlangsungan industri keramik Dinoyo agar pemerintah dapat terus mengevaluasi berbagai kebijakan yang telah dikeluarkan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Ekonomi dan Studi Pembangunan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 04 Nov 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/41267

Actions (login required)

View Item View Item