Pengaruh dana masyarak dalam bentuk giro, tabungan dan deposito serta nilai tukar terhadap jumlah kredit (Studi kasus pada bank umum di jawa timur periode januari 2002-agustus 2009 / Asfin Prasetia

Prasetia, Asfin (2010) Pengaruh dana masyarak dalam bentuk giro, tabungan dan deposito serta nilai tukar terhadap jumlah kredit (Studi kasus pada bank umum di jawa timur periode januari 2002-agustus 2009 / Asfin Prasetia. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAKSI Prasetia, Asfin. 2009. Pengaruh Dana Masyarakat Dalam Bentuk Giro, Tabungan dan Deposito serta Nilai Tukar terhadap Jumlah Kredit (Studi Kasus pada Bank Umum di Jawa Timur Periode Januari 2002-Agustus 2009). Skripsi, Program Studi Ekonomi dan Studi Pembangunan Jurusan Ekonomi Pembangunan Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Sugeng Hadi Utomo, M.Ec., (II) Dr. Hadi Sumarsono, S.T., M.Si. Kata kunci: dana masyarakat, giro, tabungan, deposito, nilai tukar, kredit Perbankan di Indonesia yang berazaskan demokrasi ekonomi dengan fungsi utama menghimpun dana dari masyarakat dalam bentuk simpanan dan menyalurkan dana kepada masyarakat dalam bentuk kredit, mempunyai peran yang strategis untuk menunjang pelaksanaan pembangunan nasional dalam rangka meningkatkan pemerataan pembangunan dan hasil-hasilnya, pertumbuhan ekonomi dan stabilitas nasional ke arah peningkatan taraf hidup rakyat banyak. Pada masa recovery pasca krisis moneter (tahun 2002), terjadi fenomena ÔÇ£credit crunchÔÇØ yaitu situasi dimana dana perbankan berlimpah tetapi tidak mengalir ke sektor riil. Pada pertengahan tahun 2008 perekonomian dunia terguncang dengan adanya krisis keuangan global dan krisis global ini berimbas ke Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dana masyarakat dalam bentuk giro, tabungan dan deposito, serta nilai tukar secara simultan dan parsial terhadap jumlah kredit yang disalurkan oleh bank umum di Jawa Timur. Sampel yang diambil secara purposive adalah bank umum di Jawa Timur periode Januari 2002-Agustus 2009. Sumber data yang digunakan adalah data sekunder dan jenis data yang digunakan adalah data time series. Variabel yang digunakan yaitu variabel bebas yang meliputi giro, tabungan, deposito dan nilai tukar serta variabel terikat yang berupa jumlah kredit. Metode analisis data menggunakan analisis regresi berganda. Pengolahan data menggunakan software SPSS 12 for Windows. Hasil analisis menunjukkan bahwa giro, tabungan, deposito dan nilai tukar secara simultan mempunyai pengaruh signifikan terhadap jumlah kredit. Sedangkan secara parsial, variabel giro, tabungan dan deposito mempunyai pengaruh signfikan terhadap jumlah kredit, tetapi variabel nilai tukar tidak mempunyai pengaruh signifikan terhadap jumlah kredit. Berdasarkan hasil analisis data, dapat disimpulkan bahwa jumlah kredit yang disalurkan oleh bank umum di Jawa Timur sangat dipengaruhi oleh jumlah dana masyarakat yang berupa giro, tabungan dan deposito. Dan jumlah kredit yang disalurkan oleh bank umum di Jawa Timur tidak dipengaruhi oleh nilai tukar rupiah terhadap dollar Amerika.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Ekonomi (FE) > Jurusan Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Ekonomi dan Studi Pembangunan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 24 Mar 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/41250

Actions (login required)

View Item View Item