Penerapan model pembelajaran debate dan time token untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran ekonomi kelas XI IIS 1 SMA Negeri 6 Malang semester genap tahun ajaran 2015/2016 / Inayatul Mufida - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model pembelajaran debate dan time token untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran ekonomi kelas XI IIS 1 SMA Negeri 6 Malang semester genap tahun ajaran 2015/2016 / Inayatul Mufida

Inayatul (2016) Penerapan model pembelajaran debate dan time token untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran ekonomi kelas XI IIS 1 SMA Negeri 6 Malang semester genap tahun ajaran 2015/2016 / Inayatul Mufida. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Mufida Inayatul. 2016. Penerapan Model Pembelajaran Debate dan Time Token untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI IIS 1 SMA Negeri 6 Malang Semester Genap Tahun Ajaran 2015/2016. Skripsi Jurusan Ekonomi Pembangunan Program Studi S1 Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. A. Ali Wafa M.Pd (II) Ro ufah Inayati S.Pd M.Pd. Kata Kunci Model pembelajaran debate time token hasil belajar Observasi awal penulis di SMA Negeri 6 Malangmenunjukkan bahwa kegiatan pembelajaran ekonomi masih didominasi oleh guru dan belum menggunakan model pembelajaran yang bervariasi. Hal tersebut membuat peserta didik menjadi cepat bosan sehingga mereka tidak dapat belajar dengan baik danakibatnya hasil belajar mereka kurang optimal. Data nilai ulangan harian 1 kelas XI IIS 1 menunjukkan hanya 39 29% atau 11 peserta didik yang dinyatakan lulus KKM dari total 28 peserta didik yang mengikuti tes. Berdasarkan permasalahan tersebut maka diperlukan penggunaan model pembelajaran yang dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik yaitu model debate dan time token. Model pembelajarandebate penting untuk meningkatkan kemampuan akademik peserta didik karena model ini melatih dan menuntut peserta didik untuk berani mengemukakan dan mempertahankan pendapatnya dengan alasan yang logis. Penerapan model time tokenmembuat setiap peserta didik memiliki kesempatan yang sama ketika berpendapat sehingga tidak ada peserta didik yang mendominasi. Diharapkan kemampuan akademik peserta didik meningkat setelah penerapan model pembelajaran debate dan time token ini sehingga hasil belajar mereka juga akan meningkat. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan model pembelajaran debate dan time tokenpada mata pelajaran ekonomi penerapan model pembelajaran debate dan time token dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik dan respon peserta didik terhadap penerapan model tersebut. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas dengan menggunakan pendekatan kualitatif yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas XI IIS 1 SMA Negeri 6 Malang berjumlah 30 peserta didik terdiri dari 11 laki-laki dan 19 perempuan. Teknik pengambilan data dalam penelitian ini meliputi observasi tes catatan lapangan angket dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil belajar peserta didik kelas XI IIS 1 SMA Negeri 6 Malang baik aspek afektif maupun kognitif mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II. Ketuntasan hasil belajar aspek afektif peserta didik meningkat dari 58 33% pada siklus I menjadi 80% pada siklus II. Hasil belajar aspek kognitif peserta didik sebesar 59 26% pada siklus I meningkat menjadi 80 76% pada siklus II. Beberapa saran yang dapat penulis sampaikan yaitu (1) Bagi sekolah perpaduan model pembelajaran debate dan time token dapat digunakan sebagai bahan pertimbangan untuk pengembangan model pembelajaran pada mata pelajaran ekonomi (2) Bagi guru diharapkan dapat menerapkan model pembelajaran debate dan time token pada mata pelajaran ekonomi karena model ini mampu meningkatkan hasil belajar peserta didik (3) Bagi peneliti lain hendaknya dapat melakukan penelitian lebih lanjut terkait dengan penerapan model pembelajaran debate dan time token dengan menambahkan aspek lain yang diteliti misalnya kemampuan bertanya dan kemampuan berkomunikasi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 17 Jun 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/41243

Actions (login required)

View Item View Item