Hubungan persepsi guru tentang fungsi kepemimpinan kepala sekolah dengan motivasi kerja guru di SMA Negeri se-kota Malang / Dian Purana Sari - Repositori Universitas Negeri Malang

Hubungan persepsi guru tentang fungsi kepemimpinan kepala sekolah dengan motivasi kerja guru di SMA Negeri se-kota Malang / Dian Purana Sari

Dian (2009) Hubungan persepsi guru tentang fungsi kepemimpinan kepala sekolah dengan motivasi kerja guru di SMA Negeri se-kota Malang / Dian Purana Sari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Setiap organisasi selalu berupaya agar para pegawai yang terlibat dapat memberikan prestasi kepada organisasi demi mewujudkan tujuan yang telah ditetapkan. Berhasil atau tidaknya suatu organisasi itu sebagian besar ditentukan oleh kepemimpinan atasan kepada bawahan. Kepemimpinan adalah suatu kegiatan untuk mempengaruhi mengajak membimbing seseorang dalam suatu usaha bersama guna mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Hal-hal yang sering dijumpai dalam suatu organisasi salah satunya adalah ketidakdisiplinan bawahan dalam melaksanakan tugas atau pekerjaannya. Hal ini mungkin disebabkan salah satunya adalah semangat kerja dari bawahan tersebut. Peningkatan atau penurunan semangat kerja bisa dikarenakan faktor internal maupun eksternal. Mengetahui hal tersebut maka seorang pemimpin harus dengan segera menimbulkan kembali semangat kerja pada diri bawahan tersebut. Motivasi kerja adalah suatu kekuatan yang ada dalam diri seorang untuk mau melakukan tugas-tugasnya. Pemberian motivasi kepada bawahan dimaksudkan agar mereka dapat menyelesaikan tugas-tugasnya dengan baik dan tepat waktu sesuai dengan tujuan yang telah ditetapkan. Pemberian motivasi merupakan salah satu fungsi dari kepemimpinan. Motivasi merupakan faktor pendorong seseorang untuk bertindak atau bekerja dalam suatu organsasi yang dapat mempengaruhi proses pelaksanaan pekerjaan untuk mencapai tujuan organisasi. Persepsi guru tentang fungsi kepemimpinan kepala sekolah berbeda-beda. Hal ini dapat berpengaruh terhadap motivasi kerja yang dimilki para guru. Permasalahan dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana persepsi guru tentang fungsi kepemimpinan kepala sekolah di SMA Negeri se-Kota Malang (2) Seberapa tingkat motivasi kerja guru di SMA Negeri se-Kota Malang (3) Adakah hubungan persepsi guru tentang fungsi kepemimpinan kepala sekolah dan motivasi kerja guru di SMA Negeri se-Kota Malang Sedangkan tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui persepsi guru tentang fungsi kepemimpinan kepala sekolah di SMA Negeri se-Kota Malang (2) Untuk mengetahui seberapa tingkat motivasi kerja guru di SMA Negeri se-Kota Malang (3) Untuk mengetahui hubungan persepsi guru tentang fungsi kepemimpinan kepala sekolah dan motivasi kerja guru di SMA Negeri se-Kota Malang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif yaitu menggunakan rancangan deskritif korelasional yang bertujuan untuk mengetahui ada atau tidak ada hubungan antara persepsi guru tentang fungsi kepemimpinan kepala sekolah dan motivasi kerja guru. Teknik sampling yang digunakan yaitu proportional random sampling. Uji kualitas data yang digunakan adalah validitas dan reliabilitas. Analisis yang digunakan yaitu teknik analisis deskriptif dan teknik analisis korelasional dengan menggunakan rumus korelasi product moment pada taraf signifikansi 0 05. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa persepsi guru tentang fungsi kepemimpinan kepala sekolah di SMA Negeri se-Kota Malang dalam kualifikasi sangat baik kondisi motivasi kerja guru di SMA Negeri se-Kota Malang pada kualifikasi tinggi dan terdapat hubungan yang signifikan antara persepsi guru tentang fungsi kepemimpinan kepala sekolah dengan motivasi kerja guru di SMA Negeri se-Kota Malang. Berdasarkan hasil penelitian ini walaupun secara umum kondisi fungsi kepemimpinan kepala sekolah berada pada kualifikasi sangat baik bukan berarti tugas kepala sekolah di SMA Negeri se-Kota Malang telah selesai. Kepala sekolah harus mampu mempertahankan kondisi tersebut serta meningkatkan motivasi kerja guru sampai berada pada kualifikasi sangat tinggi. Bagi para guru dengan mengetahui bahwa pelaksanaan fungsi kepemimpinan yang dilakukan kepala sekolah di SMA Negeri se-Kota Malang sudah berada pada kualifikasi sangat baik maka para guru harus mampu mempertahankan dan meningkatkan motivasinya dalam bekerja dengan jalan meningkatkan kemampuan baik kemampuan dalam pekerjaan maupun kemampuan pribadi sehingga pada akhirnya motivasi tersebut berada pada kualifikasi yang sangat tinggi. Bagi Dinas Pendidikan Kota Malang diharapkan lebih peduli dalam upaya peningkatan mutu dan kualitas pendidikan khususnya terkait dengan pelaksanaan fungsi kepemimpinan kepala sekolah dan peningkatan motivasi kerja guru. Bagi Jurusan Administrasi Pendidikan diharapkan lebih selektif agar tidak terjadi kesamaan dalam menentukan objek penelitian selanjutnya mengenai kepemimpinan kepala sekolah dan motivasi kerja guru. Selain itu bagi peneliti lain yang berminat pada masalah yang serupa hendaknya hasil penelitian ini dikembangkan dengan ruang lingkup yang lebih luas baik variabel maupun populasinya sehingga dapat memperkaya hasil penelitian ini.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S1 Administrasi Pendidikan
Depositing User: library UM
Date Deposited: 17 Jun 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/4106

Actions (login required)

View Item View Item