Kontribusi layanan akses internet terhadap peningkatan mutu pembelajaran di SMA se Kota Malang / Nurhayati - Repositori Universitas Negeri Malang

Kontribusi layanan akses internet terhadap peningkatan mutu pembelajaran di SMA se Kota Malang / Nurhayati

UNSPECIFIED (2010) Kontribusi layanan akses internet terhadap peningkatan mutu pembelajaran di SMA se Kota Malang / Nurhayati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Nurhayati. 2009. Kontribusi Layanan Akses Internet Dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran di Sekolah Menengah Atas Negeri Kota Malang. Skripsi Jurusan Administrasi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas egeri Kota Malang. Pembimbing (1) Prof. Dr. Hj. Nurul Ulfatin M. Pd (II) Dr. H. Ali Imron M.Pd M.Si. Kata kunci layanan akses internet mutu pembelajaran Semakin pesatnya teknologi informasi dan komunikasi menuntut dunia pendidikan untuk ikut mempelajari dan memanfaatkannya untuk mempercepat keberhasilan tujuan pendidikan melalui penyebaran informasi dan ilmu pengetahuan. Hal inilah yang memberikan inspirasi bagi dunia pendidikan agar selalu dapat mengikuti perkembangan dunia teknologi dan informasi salah satunya dengan menggunakan layanan akses internet di setiap sekolah. Dengan adanya internet diharapkan dapat lebih meningkatkan mutu pembelajaran di sekolah terutama sumber daya manusia. Diharapkan dengan adanya fasilitas internet di sekolah dapat memberikan kemudahan dalam mencari informasi yang berhubungan dengan pelajaran di sekolah. dengan demikian tidak ada lagi sekolah yang tertinggal untuk mengikuti perkembangan teknologi dan informasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kontribusi yang diberikan layanan internet dalam meningkatkan mutu pembelajaran di sekolah. Fokus penelitiannya ntara lain optimaslisasi penggunaan internet tingkat kepuasan yang didapatkan para siswa jenis dan situs apa yang digunakan di sekolah tersebut efektif tidaknya penggunaan internet sebagai media pembelajaran lamanya waktu yang dibutuhkan dalam mengakses internet dan biaya yang dibebankan pada pengguna internet di sekolah. Penelitian ini dilakukan di SMAN Kota Malang. Jumlah populasinya adalah 2512 siswa kelas dua yang tersebar di SMAN Kota Malang. Teknik pengambilan sample dari penelitian ini adalah proportional random sampling. Dari perhitungan tersebut jumlah sampelnya adalah 251 siswa. Penelitian ini termasuk jenis penelitian deskriptif kuantitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner/angket dengan pertanyaan semi terbuka dimana pada pertanyaan semi terbuka jawabannya sudah tersusun tetapi masih ada kemungkinan tambahan jawaban. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan internet di sekolah mampu meningkatkan kualitas SDM di sekolah meskipun belum optimal. Tingkat kepuasan yang dirasakan dalam penggunaan layanan dan fasilitas internet pun belum maksimal. Dalam penyediaan perangkat sekolah menggunakan jenis internet speedy. Penggunaan internet sebagai media pembelajaran sudah efektif meskipun ada batasan waktu yang diberikan oleh sekolah yang dirasa kurang apalagi kecenderungan dalam pemakaian internet yang membutuhkan waktu lama untuk mengaksesnya. Biaya yang dibebankan sangat variatif tergantung dengan kebijaksanaan sekolah masing-masing. Berdasarkan hasil penelitian yang diuraikan maka saran-saran yang diajukan adalah (1) Kepala Dinas Pendidikan kota Malang supaya mengalokasikan dana khusus untuk membantu dalam menambah fasilitas untuk meningkatkan penggunaan internet di sekolah (2) Kepada PT. Telkom disarankan dapat lebih meningkatkan layanan akses internet di sekolah agar dapat membantu dalam kelancaran proses belajar mengajar di sekolah (3) Kepala SMAN Kota Malang untuk lebih meningkatkan keefektifan penggunaan fasilitas internet di sekolah agar diperoleh kualitas pendidikan yang baik (4) Ketua Jurusan Administrasi Pendidikan dapat dijadikan sebagai salah satu bahan kajian dalam melengkapi sarana dan prasarana internet sebagai bahan media mata kuliah untuk mahasiswa (5) Peneliti lain diharapkan hasil dari penelitian ini dapat digunakan sebagai bahan bandingan penelitian sejenis dengan substansi yang sama atau penelitian lanjutan dengan mengembangkan ilmu pengetahuan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S1 Administrasi Pendidikan
Depositing User: library UM
Date Deposited: 17 Feb 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/4101

Actions (login required)

View Item View Item