Proses kognitif bermuatan HOTS pada pertanyaan, tugas, dan latihan dalam buku teks siswa bahasa Indonesia kelas XI SMA Kemendikbud edisi revisi 2017 - Repositori Universitas Negeri Malang

Proses kognitif bermuatan HOTS pada pertanyaan, tugas, dan latihan dalam buku teks siswa bahasa Indonesia kelas XI SMA Kemendikbud edisi revisi 2017

Cahyarani, Moktika (2022) Proses kognitif bermuatan HOTS pada pertanyaan, tugas, dan latihan dalam buku teks siswa bahasa Indonesia kelas XI SMA Kemendikbud edisi revisi 2017. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pengajaran keterampilan berpikir tingkat tinggi kepada peserta didik diperlukan karena ditetapkannya kurikulum Merdeka Belajar yang menekankan kemampuan observasi peserta didik terhadap lingkungan sekitar. Penekanan kemampuan ini sesuai dengan pola HOTS yang mengharapkan peserta didik terbiasa memecahkan masalah dan membuat solusi terbaik berdasarkan pengetahuan yang dimiliki sehingga membantu mereka lebih adaptif terhadap perkembangan zaman terkait otomatisasi dan ancaman disinformasi atau informasi palsu. Mengukur kemampuan penalaran atau keterampilan berpikir ini dapat dilaksanakan dengan memberikan pertanyaan, tugas, dan latihan kepada peserta didik terkait materi yang telah diajarkan atau selama proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan memaparkan proses kognitif bermuatan HOTS pada pertanyaan, tugas, dan latihan terkait materi sastra dalam buku teks siswa Bahasa Indonesia kelas XI SMA Kemendikbud edisi revisi 2017. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan kajian teks terhadap konten HOTS. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pertanyaan HOTS berdasarkan taksonomi Barrett yang menstimulasi peserta didik untuk berpikir di luar teks atau dengan perspektif baru, mempertanyakan kebenaran informasi berdasarkan pengetahuan yang dimiliki, dan memberikan respon emosional terhadap teks. Pertanyaan HOTS berdasarkan taksonomi Bloom revisi menstimulasi peserta didik untuk mempertanyakan isi teks berdasarkan kriteria tertentu. Tugas dan latihan HOTS berdasarkan taksonomi Barrett menuntut peserta didik untuk dapat menggunakan informasi yang tertuang dalam teks untuk diseleksi dan dijadikan sebagai dasar anggapan mengenai aspek tertentu dalam teks. Peserta didik juga dituntut untuk mampu memberikan pendapat menggunakan kriteria tertentu. Tugas HOTS berdasarkan taksonomi Bloom revisi menuntut peserta didik untuk mampu membuat atau menyusun teks setelah menelaah aspek dalam teks dan mengevaluasinya berdasarkan kriteria tertentu. Latihan HOTS berdasarkan taksonomi Bloom revisi menuntut peserta didik untuk dapat menguraikan teks cerpen dan drama yang diklasifikasikan dalam kategori tertentu, memperbaiki penulisan teks, serta mengomentari pementasan naskah drama berdasarkan kriteria tertentu. Peserta didik juga dituntut untuk dapat membangun karakter tokoh berdasarkan hasil analisis dan evaluasi yang telah dilakukan terhadap naskah dalam pembelajaran ekspresi lisan sastra.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S1 Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: mr mahasiswa UM
Date Deposited: 11 Jul 2023 06:19
Last Modified: 11 Jul 2023 06:19
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/4097

Actions (login required)

View Item View Item