Anggraeni, Devi Sandra (2022) Manajemen kelas guru pada pembelajaran daring kelas IV di SDN Bareng 5 selama pandemi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Manajemen kelas merupakan upaya guru dalam melaksanakan pembelajaran. Terdapat tiga kondisi dalam manajemen kelas yaitu manajemen kondisi fisik, manajemen kondisi sosio-emosional, manajemen organisasional, serta manajemen administrasi. Penelitian ini berfokus pada manajemen yang dilakukan guru pada saat pembelajaran daring. Tujuan penelitian ini yaitu menceritakan manajemen kelas yang dilakukan oleh guru selama pembelajaran daring, menderitakan problematikan yang dihadapi pada pelaksanaan pembelajaran daring, serta menceritakan solusi yang dilakukan untuk mengatasi problematika pembelajaran daring. Penelitian ini merupakan penelitian naratif dan menggunakan pendekatan kualitatif. Subjek dari penelitian ini yaitu guru kelas 4 SDN Bareng 5. Pengamatan dilakukan pada aktivitas pembelajaran yang dilakukan secara daring. Teknik yang digunakan untuk pengumpulan data yaitu wawancara, dokumentasi, observasi, dan catatan lapangan. Sumber data penelitian ini yaitu guru kelas 4, dokumentasi pembelajaran melalui Whatsapp Group, serta dokumentasi pembelajaran melalui Google meet. Hasil penelitian ini menunjukkan pelaksanaan pembelajaran daring dilakukan dari pukul 7-9 pagi. Pembelajaran dilakukan melalui Whatsapp Group dan google meet. Kegiatan awal pembelajaran dimulai dengan peserta didik mengirimkan video absensi. Guru menciptakan suasana yang menyenangkan pada pelaksanaan pembelajaran daring. Guru selalu menghargai setiap pendapat peserta didik. Aturan kelas ditegakkan dengan cara menegur peserta didik yang melakukan pelanggaran. Pembelajaran dilakukan secara mandiri pada saat guru berhalangan hadir. Guru selalu mengusahakan kerjasama yang baik bersama peserta didik dan orang tua peserta didik. Terdapat problematika dalam manajemen kelas. Problematika yang terjadi yaitu (1) Fasilitas yang terbatas, (2) guru dan orang tua tidak sejalan, (3) sulitnya penerapan karakter, (4) rencana pembelajaran perlu disesuaikan kembali. Terdapat solusi atas problematika yang terjadi. Solusi yang tersebut adalah (1) pendataan fasilitas, (2) memaksimalkan komunikasi antara guru dan orang tua, (3) menghimbau peserta didik untuk mengerjakan tugas dengan jujur, (4) menyesuaikan materi pelajaran.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | mr mahasiswa UM |
Date Deposited: | 26 Jul 2023 06:46 |
Last Modified: | 26 Jul 2023 06:46 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/4086 |
Actions (login required)
View Item |