Analisis kompetensi pedagogik guru pasca pembelajaran daring di SDN Purwosari 1 Kecamatan Purwosari Kabupaten Pasuruan - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis kompetensi pedagogik guru pasca pembelajaran daring di SDN Purwosari 1 Kecamatan Purwosari Kabupaten Pasuruan

Falafi, Risqa Ayu (2022) Analisis kompetensi pedagogik guru pasca pembelajaran daring di SDN Purwosari 1 Kecamatan Purwosari Kabupaten Pasuruan. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kompetensi pedagogik guru kelas tinggi pasca pembelajaran daring di SDN Purwosari 1 dan upaya yang dilakukan guru kelas tinggi dalam meningkatkan kompetensi pedagogik pasca beralih dari pembelajaran daring di SDN Purwosari 1. Hal tersebut dikarenakan guru mengalami kesulitan dalam memberikan pemahaman saat pemberian materi pada proses pembelajaran sebab sikap disiplin belajar siswa yang menurun akibat telah terbiasa belajar di rumah. Perubahan proses pembelajaran dari pembelajaran daring ke tatap muka di masa pandemi ini tentunya perlu penyesuaian kembali bagi siswa dan dan menjadi tantangan bagi guru untuk dapat menyelenggarakan kegiatan belajar mengajar yang optimal dan pendidikan yang bermutu. Salah satu hal yang penting sehingga guru dapat mewujudkan keberhasilan proses pembelajaran tersebut yaitu pada kompetensi pedagogik agar dapat mengelola pembelajaran dengan efektif dan siswa dapat belajar secara normal. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif yang fokus menggambarkan dan mendeskripsikan secara detail berdasarkan realita yang ditemukan di lapangan. Data pada penelitian ini diambil dari guru kelas 4 sampai kelas 6 yang berjumlah 6 orang dan kepala sekolah di SDN Purwosari 1. Tempat penelitian dilakukan di SDN Purwosari 1 Kecamatan Purwosari Kabupaten Pasuruan. Subjek pada penelitian ini yakni guru kelas 4 sampai kelas 6 yang berjumlah 6 orang dan kepala sekolah di SDN Purwosari 1. Penelitian ini menggunakan teknik wawancara terstruktur yang mengacu pada pedoman wawancara berupa instrumen yang berwujud pertanyaan yang ditanyakan secara langsung kepada informan dan responden pada saat di tempat penelitian. Adapun dokumentasi dalam penelitian ini berupa RPP dan foto-foto kegiatan penelitian yang mendukung hasil temuan penelitian mengenai kompetensi pedagogik guru kelas tinggi di SDN Purwosari 1. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa kompetensi pedagogik telah dikuasai dan diterapkan dengan baik oleh guru kelas 4 sampai kelas 6 di SDN Purwosari 1 pada pelaksanaan pembelajaran tatap muka terbatas pasca beralih dari pembelajaran daring namun terdapat problematika pada indikator menyelenggarakan pembelajaran yang mendidik dan pemanfaatan teknologi dan informasi sehingga tidak dapat terpenuhi secara maksimal. Adapun upaya yang guru lakukan dalam meningkatkan kompetensi pedagogiknya pasca pembelajaran

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: mr mahasiswa UM
Date Deposited: 26 Jul 2023 04:45
Last Modified: 26 Jul 2023 04:45
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/4084

Actions (login required)

View Item View Item