Analisis guru dalam pembelajaran muatan IPA kelas tinggi di SDN 4 Baturetno Kecamatan Singosari Kabupaten Malang - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis guru dalam pembelajaran muatan IPA kelas tinggi di SDN 4 Baturetno Kecamatan Singosari Kabupaten Malang

Fitria, Nur Anisyah (2022) Analisis guru dalam pembelajaran muatan IPA kelas tinggi di SDN 4 Baturetno Kecamatan Singosari Kabupaten Malang. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pembelajaran merupakan proses perubahan tingkah laku sebagai hasil dari interaksi antara siswa, guru, bahan ajar, dan lingkungan. Khususnya pelaksanaan pembelajaran tematik di SD pada muatan pelajaran IPA. Pembelajaran muatan IPA di SD memungkinkan guru untuk dapat berkreasi dan berinovatif dalam melaksanakan pembelajaran di luar kelas dengan memanfaatkan lingkungan sekitar siswa sebagai sumber belajar. Penelitian ini bertujuan (1) menganalisis guru pada perencanaan pembelajaran muatan IPA kelas IV. V, dan VI di SDN 4 Baturetno, (2) menganalisis guru pada pelaksanaan pembelajaran muatan IPA kelas IV, V, dan VI di SDN 4 Baturetno, (3) menganalisis guru pada penilaian pembelajaran muatan IPA kelas IV, V, dan VI di SDN 4 Baturetno. Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek pada penelitian ini diperoleh dari guru kelas IV, V, dan VI SDN 4 Baturetno. Pengumpulan data menggunakan tiga teknik, yaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data penelitian ini menggunakan empat tahap, yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan temuan dalam penelitian ini menggunakan triangulasi metode dan triangulasi sumber data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa analisis guru kelas IV, V, dan VI dalam perencanaan pembelajaran muatan IPA baik. Hal tersebut terlihat pada perangkat pembelajaran yang dimiliki oleh setiap guru, meliputi Program Tahunan, Program Semester, dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). Pada analisis guru dalam pelaksanaan pembelajaran menunjukkan hasil bahwa pembelajaran yang dilakukan oleh guru sudah disesuaikan dengan RPP yang disusun. Hal tersebut terlihat dari hasil analisis pelaksanaan pembelajaran di setiap kelas. Guru kelas IV memperoleh persentase sebanyak 85%, guru kelas V memperoleh persentase sebanyak 85%, dan guru kelas VI memperoleh persentase sebanyak 77,50%. Pada analisis guru dalam penilaian pembelajaran muatan IPA, guru sudah melaksanakan evaluasi pembelajaran yang rutin dilaksanakan setiap 1 minggu atau 1 bulan sekali. Beban soal evaluasi yang diberikan disesuaikan dengan materi yang sudah guru jelaskan selama pembelajaran. Berdasarkan hasil penelitian, disarankan bahwa guru kelas IV, V, dan VI perlu melakukan inovasi-inovasi pembelajaran, khususnya pada muatan IPA yang pembelajarannya dapat dilakukan di luar kelas dengan memanfaatkan lingkungan sekitar siswa sebagai sumber belajar. Kendala yang dialami guru pada saat melaksanakan pembelajaran perlu diperhatikan sehingga kedepannya pembelajaran akan berjalan dengan kondusif, efektif dan lebih optimal.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: mr mahasiswa UM
Date Deposited: 26 Jul 2023 04:35
Last Modified: 26 Jul 2023 04:35
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/4083

Actions (login required)

View Item View Item