Upaya guru dalam mengendalikan kedisiplinan belajar siswa di kelas V SDN Wadung Kecamatan Pakisaji Kabupaten Malang - Repositori Universitas Negeri Malang

Upaya guru dalam mengendalikan kedisiplinan belajar siswa di kelas V SDN Wadung Kecamatan Pakisaji Kabupaten Malang

Fauriza, Erlinda Cahya (2022) Upaya guru dalam mengendalikan kedisiplinan belajar siswa di kelas V SDN Wadung Kecamatan Pakisaji Kabupaten Malang. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kedisiplinan belajar siswa sangat diperlukan karena dapat memperlancar proses belajar di kelas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya guru serta kendala yang dihadapi guru dalam mengendalikan kedisiplinan belajar siswa di kelas V SDN Wadung Kecamatan Pakisaji Kabupaten Malang. Metode penelitian menggunakan kualitatif deskriptif. Alat pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan instrument observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif dengan model miles dan huberman meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian menunjukan bahwa upaya yang dilakukan guru dalam mengendalikan kedisiplinan belajar dengan menggunakan pengelolaan kelas melalui pendekatan otoriter, permisif, demokratis, dan pseudo demokratis. Guru juga memberikan contoh teladan yang baik, menegakkan peraturan di kelas, pemberian hukuman serta pemberian penghargaan kepada siswa. Kendala yang dihadapi guru dalam mengendalikan kedisiplinan belajar siswa yakni keengganan guru dalam memberikan hukuman kepada siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: mr mahasiswa UM
Date Deposited: 27 Jul 2023 01:48
Last Modified: 27 Jul 2023 01:48
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/4079

Actions (login required)

View Item View Item