Pengembangan media pembelajaran e-modul interaktif menggunakan aplikasi untuk menunjang pembelajaran CNC Milling Kelas XI Teknik Pemesinan di SMK Turen - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media pembelajaran e-modul interaktif menggunakan aplikasi untuk menunjang pembelajaran CNC Milling Kelas XI Teknik Pemesinan di SMK Turen

Ulhaq, Gigih Dhiya (2023) Pengembangan media pembelajaran e-modul interaktif menggunakan aplikasi untuk menunjang pembelajaran CNC Milling Kelas XI Teknik Pemesinan di SMK Turen. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Modul merupakan bahan ajar yang sangat dibutuhkan untuk kegiatan pembelajaran, kegiatan pembelajaran dapat dilaksanakan di kelas maupun di rumah, membimbing siswa dengan buku pedoman yang menunjukkan materi yang dapat dipelajari, sehingga disebut modul (Ismail, Rifma & Fitri 2021). Sedangkan E-Modul adalah kumpulan alat penerimaan berbasis komputer yang dapat dicetak yang dirancang agar praktis dan digunakan untuk bimbingan penerimaan sehingga siswa dapat berharap untuk melihat bagaimana menangani kasus dengan cara mereka sendiri. Berdasarkan wawancara dengan guru bahwa siswa kelas XI Teknik Pemesinan (TP) untuk bahan ajar dan buku pedoman mata pelajaran Pemesinan CNC materi masih belum jadi atau materi masih kurang untuk buku pedoman siswa masih belum ada karena mata pelajaran Pemesinan CNC untuk kelas XI baru di ajarkan jadi belum memiliki buku pedoman yang tetap. Berdasarkan hasil wawancara dan pengamatan tersebut, maka dapat dikembangkan bahan ajar tentang materi prinsip kerja mesin, pengoprasian mesin, dan gerak melingkar mesin untuk siswa kelas XI dengan menyajikan materi yang lengkap, praktis, menarik, dan sesuai dengan Kurikulum 13. Kelebihan E-Modul CNC Milling adalah materi yang di sampaikan sesuai dengan karakteristik siswa di Jurusan Teknik Pemesinan, modul mudah untuk diakses, dan melatih kemampuan siswa pada bidang pengetahuan dan keterampilan dengan menjawab soal latihan dan menyelesaikan jobsheet yang ada. Penelitian E-Modul Pemesinan CNC Milling menggunakan jenis penelitian, penelitian dan pengembangan atau research and development (R&D) adalah suatu proses atau langkah-langkah untuk memperbaiki suatu produk baru atau menyempurnakan produk yang sudah ada yang dapat dipertanggungjawabkan (Nana 2009). Penelitian ini menggunakan metode ADDIE 1) Analisis (Analysis), 2) Desain (Design), 3) Pengembangan (Development), 4) Implementasi (Implementation), dan 5) Evaluasi (Evaluation). Subjek uji coba ada empat antara lain ahli materi, ahli media, guru dan siswa, untuk penelitian lapangan menggunkan uji coba kelompok kecil sebanyak lima orang dikarenakan semua siswa kelas XI Jurusan Teknik Pemesinan sudah berangkat PKL. Penelitian penembangan E-Modul saat mengmbil data peneliti menggunakan kuantitatif dan kualitatif, data kuantitatif digunakan untuk mengolah hasil dari angket validator dan responden, data kualitatif berdasarkan saran dan komentar validator dan responden. Hasil penelitian dan pengembangan menunjukkan, produk E-Modul Teknik Pemesinan CNC Milling untuk menunjang pembelajaran Kelas XI SMK Turen keahlian Teknik Pemesinan telah mendapatkan hasil validasi dari ahli materi, ahli media, dan guru serta hasil kepraktisan dan kemenarikan dari siswa. Validasi ahli materi memperoleh nilai 100% dengan kategori sangat layak. Validasi media memperoleh nilai 95,1% dengan kategori sangat layak. Validasi guru memperoleh nilai 84,37% dengan kategori sangat layak. Uji coba lapangan kelompok kecil produk E-Modul menggunakan aplikasi memberikan nilai kepraktisan dan kemenarikan sebesar 82,17% dengan kategori sangat praktis dan menarik

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General) > LM Media Pembelajaran
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Mesin (TM) > S1 Pendidikan Teknik Mesin
Depositing User: mr mahasiswa UM
Date Deposited: 27 Jul 2023 02:48
Last Modified: 27 Jul 2023 02:48
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/4078

Actions (login required)

View Item View Item