Hubungan antara mutu pelayanan kesehatan dengan tingkat kepuasan pasien peserta BPJS di Puskesmas Dinoyo Kota Malang - Repositori Universitas Negeri Malang

Hubungan antara mutu pelayanan kesehatan dengan tingkat kepuasan pasien peserta BPJS di Puskesmas Dinoyo Kota Malang

Meidi, Hasti Oktavia (2022) Hubungan antara mutu pelayanan kesehatan dengan tingkat kepuasan pasien peserta BPJS di Puskesmas Dinoyo Kota Malang. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Mutu pelayanan kesehatan menampilkan tingkatan sempurnanya layanan kesehatan untuk menciptakan rasa puas tiap diri pasien. Kian sempurnanya rasa puas itu, kian baik juga kualitas pelayanan kesehatan. Perasaan puas pasien adalah tingkatan pandangan yang mencuat sebagai hasil dari kinerja layanan kesehatan yang didapatkan setelah pasien membuat perbandingan dengan harapannya. Pemikiran pasien mengenai pelayanan BPJS Kesehatan adalah pelayanan yang kurang baik, perihal ini diisyarati terdapatnya opini yang tumbuh tentang keluhan dari masyarakat mengenai perbandingan pelayanan kesehatan yang diterima dari penyedia layanan kesehatan ialah lebih mengutamakan pasien umum dibanding peserta BPJS Kesehatan. Tujuan penelitian ini merupakan mengetahui hubungan antara mutu pelayanan kesehatan dengan kepuasan pasien partisipan BPJS di Puskesmas Dinoyo Kota Malang. Riset ini ialah tipe riset observasional kuantitatif dengan pendekatan cross sectional. Metode pengambilan data memakai accidental sampling terhadap 96 responden. Berdasarkan hasil uji Chi- Square diperoleh nilai p value= 0, 000 ( p value < 0, 05) hingga bisa dinyatakan H0 ditolak serta Ha diterima maksudnya terdapat hubungan antara kelima jenis mutu pelayanan (tangible, reliability, responsiveness, assurance, serta empathy) pada perasaan puas peserta BPJS di Puskesmas Dinoyo Kota Malang. Dianjurkan kepada pihak puskesmas ialah mempertahankan, mengembangkan, dan meningkatkan mutu pelayanan kesehatan serta tetap melaksanakan survei kualitas pelayanan kesehatan serta kepuasan secara berkala

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) > Departemen Ilmu Kesehatan Masyarakat (IKM) > S1 Ilmu Kesehatan Masyarakat
Depositing User: mr mahasiswa UM
Date Deposited: 27 Jul 2023 04:03
Last Modified: 27 Jul 2023 04:03
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/4073

Actions (login required)

View Item View Item