Sholichah, Riwayati Maratus (2013) Penerapan model kooperatif tipe NHT untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran energi dan penggunaannya kelas IV semester genap SDN Belik Trawas Kabupaten Mojokerto / Riwayati Maratus Sholichah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata kunci Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT Hasil Belajar Hasil observasi dalam pembelajaran energi dan penggunaannya di Kelas IV SDN Belik Trawas Kabupaten Mojokerto. Guru masih menggunakan metode konvensional yang kegiatannya berpusat pada guru dengan metode tersebut maka sebagian besar siswa belum berinteraksi secara aktif dalam pembelajaran sehingga motivasi belajar rendah. Analisis hasil belajar secara dokumentatif menunjukan hanya 60% siswa yang mencapai SKM SKM yang ditentukan oleh sekolah yaitu 70. Atas dasar masalah tersebut peneliti ingin menerapkan satu model kooperatif yaitu tipe NHT. Tujuannya agar ada peningkatan hasil belajar siswa setelah diterapkannya model tersebut. Model Kooperatif Tipe NHT adalah model pembelajaran kooperatif dengan jumlah anggota kelompok 4-5 orang dimana masing-masing anggota kelompok mendapatkan nomor setiap anggota kelompok berfikir bersama untuk menyelesaikan suatu masalah selanjutnya nomor yang sama dari setiap kelompok mempresentasikan hasil diskusinya. Sebelum dilakukan tindakan peneliti mengsosialisasikan kepada guru sehingga guru memahami betul tahapan dan hal- hal yang harus disiapkan dalam model kooperatif tipe NHT. Lokasi penelitian ini di SDN Belik Trawas Kabupaten Mojokerto dengan mengambil subyek penelitian siswa kelas IV jumlah siswa sebanyak 7 siswa laki-laki dan 8 siswa perempuan. Jenis penelitian ini yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan selama 2 siklus dengan masing-masing siklus memiliki tahapan (1) Perencanaan tindakan (2) Pelaksanaan (3) Observasi (4) Analisis dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan test. Hasil penelitian yang telah dilaksanakan menunjukkan bahwa meningkatnya aktivitas guru aktivitas siswa dalam kelompok serta hasil belajar pada siklus I dan siklus II. Berdasarkan hasil penelitian ini maka disimpulkan bahwa penerapan model kooperatif tipe NHT dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajran energi dan penggunannya kelas IV Serta penelitian tindakan kelas ini dapat dikatakan berhasil.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S1 Teknologi Pendidikan |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 13 May 2013 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2013 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/407 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |