Efektivitas penerapan pembelajaran kooperatif model Numbered Head Together (NHT) dalam pembelajaran ekonomi (studi eksperimen pada kelas X SMA Al-Maarif Singosari Malang) / Sri Sugiharti Hidayatul Mujiutami - Repositori Universitas Negeri Malang

Efektivitas penerapan pembelajaran kooperatif model Numbered Head Together (NHT) dalam pembelajaran ekonomi (studi eksperimen pada kelas X SMA Al-Maarif Singosari Malang) / Sri Sugiharti Hidayatul Mujiutami

Sri Sugiharti Hidayatul (2011) Efektivitas penerapan pembelajaran kooperatif model Numbered Head Together (NHT) dalam pembelajaran ekonomi (studi eksperimen pada kelas X SMA Al-Maarif Singosari Malang) / Sri Sugiharti Hidayatul Mujiutami. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci Efektivitas Pembelajaran Kooperatif Numbered Head Together Studi Eksperimen. Efektivitas berasal dari kata efektif yang berarti mempunyai nilai efektif yang bisa diartikan sebagai kegiatan yang bisa memberikan hasil yang memuaskan. efektivitas merupakan keterkaitan antara tujuan dan hasil yang dinyatakan dan menunjukan derajat kesesuaian antara tujuan yang dinyatakan dengan hasil yang dicapai. Pembelajaran Kooperatif merupakan suatu pembelajaran yang secara sadar dan sengaja mengembangkan interaksi yang saling mencerdaskan untuk menghindari ketersinggungan dan kesalahpahaman yang dapat menimbulkan permusuhan. Model Pembelajaran Numbered Head Togheter yaitu suatu metode pembelajaran dimana setiap siswa dibagi kedalam kelompok yang masing-masing kelompok terdiri dari 5 sampai dengan 6 orang. Kemudian diberikan nomor dan secara acak guru memanggil nomor yang dimiliki siswa. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yaitu suatu penelitian yang bertujuan untuk membandingkan efektivitas pembelajaran Numbered Head Together dengan menggunakan 2 kelas. Masing-masing memiliki tingkatan kelas yang berbeda yaitu antara kelas cukup kondusif dengan kelas yang dirasa kurang kondusif serta dengan perbedaan tingkat kemampuan siswa terhadap materi yang akan diterapkan. Instrumen yang digunakan di dalam penelitian ini adalah soal tes untuk mengetahui kemampuan siswa terhadap materi dan angket respon siswa untuk mengetahui tingkat efektivitas terhadap adanya penerapan pembelajaran dengan menggunakan model Numbered Head Together. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat diketahui bahwa perbandingan tingkat efektivitas penerapan pembelajaran yang terjadi antara kelas eksperimen 1 dengan kelas eksperimen 2 yaitu dengan selisih hasil penjumlahan seluruh pilihan kesan positif yang dirasakan lebih besar dari jumlah seluruh angket kesan negatif. Selisih hasil penjumlahan antara kesan positif dan negatif pada kelas eksperimen 1 adalah 86 lebih banyak pada kesan positif. Dan pada kelas eksperimen 2 memiliki sellisih hasil penjumlahan antara kesan positif dan negatif sebesar 20 lebih banyak pada kesan positif. Sehingga dikatakan bahwa pada kedua kelas ekperimen dengan adanya pembelajaran dengan menerapkan Model Numbered Head Together dirasakan efektif. Tingkat perbandingan keefektivitasan dari kedua kelas tersebut adalah selisih dari penjumlahan selisih angket kesan positif dan negatif dari masing-masing kelas dengan demikian dirasakan bahwa selisih penjumlahan angket kesan yang terjadi pada kedua kelas ekperimen adalah 66. Dengan selisih tersebut maka dikatakan bahwa penerapan pembelajaran pada kelas ekperimen 1 dirasakan lebih efektif dari pada diterapkan pada kelas eksperimen 2. Dari adanya hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa efektivitas penerapan pembelajaran Numbered Head Together pada kedua kelas eksperimen dikatakan efektif. Sedangkan perbandingan tingkat efektivitas dilihat dari tingkat selisih penjumlahan kesan antar kelas eksperimen yaitu 66. Dengan demikian dirasakan bahwa penerapan model pembelajaran Numbered Head Together dirasakan lebih efektif diterapkan pada kelas eksperimen 1 walaupun pada kelas eksperimen 2 juga dirasa sudah efektif.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 21 Sep 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/40665

Actions (login required)

View Item View Item