Kusumo, Hari Agung Prasetyo (2020) Deskripsi kemampuan HOTS peserta didik SMP kelas VIII materi getaran dan gelombang di SMP Assalam Batu. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Penilaian pembelajaran yang saat ini sering digunakan adalah soal pilihan ganda (obyektif) dan soal uraian (subyektif) Hal ini berdasarkan wawancara dengan salah satu guru dari SMP Assalam Batu yang mengajar IPA di sekolah tersebut. Jennifer Sidharta (2017) hasil dari pengukuran Program for International Students Assesment (PISA), Indonesia pada tahun 2015 berada pada peringkat ke 62 dari 72 negara yang di uji. Berdasarkan dari hasil pengukuran tersebut soal sebagai sarana untuk mengukur keberhasilan aspek pengetahuan dalam pembelajaran pada saat ini dirasa masih belum mampu menumbuhkan pemikiran kritis, analitis dan logis dari peserta didik. Deskripsi Kemampuan HOTS diperlukan untuk bahan evaluasi dan supervisi strategi pembelajaran yang sudah dilakukan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kemampuan HOTS peserta didik pada materi Getaran dan Gelombang di SMP Assalam Batu Kelas VIII. Penelitian menggunakan deskriptif kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa kemampuan HOTS peserta didik terhadap dimensi kognitif semakin tinggi tingkatannya maka semakin menurun presentase skor yang di dapat. Hal ini sesuai dengan hasil tes yang sudah dilakukan di kelas VIII SMP Assalam Batu. Total skor C4 adalah 108 (6,92%), total skor C5 adalah 64 (5,47%), dan total skor C6 adalah 26 (5,00%). Data tersebut menunjukkan bahwa presentase C4, C5 dan C6 semuanya dibawah 50%, dengan demikian kemampuan HOTS peserta didik perlu ditingkatkan di sekolah tersebut.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Sekolah (PLS) > S2 Pendidikan Luar Sekolah |
Depositing User: | mr mahasiswa UM |
Date Deposited: | 26 Jul 2023 02:47 |
Last Modified: | 26 Jul 2023 02:47 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/4064 |
Actions (login required)
View Item |