Analisis kesesuaian tata tulis skripsi berdasarkan PPKI tahun 2010 pada Mahasiswa S1 Pendidikan Geografi lulusan 5 tahun terakhir / Megiana Situmorang - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis kesesuaian tata tulis skripsi berdasarkan PPKI tahun 2010 pada Mahasiswa S1 Pendidikan Geografi lulusan 5 tahun terakhir / Megiana Situmorang

Situmorang, Megiana (2021) Analisis kesesuaian tata tulis skripsi berdasarkan PPKI tahun 2010 pada Mahasiswa S1 Pendidikan Geografi lulusan 5 tahun terakhir / Megiana Situmorang. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pedoman Penulisan Karya Ilmiah (PPKI) memiliki peran penting dalam proses penulisan skripsi. Skripsi yang terdapat pada jurusan masih memiliki beberapa kekurangan antara lain: belum memperhatikan kesesuaian bahasa, penyajian tabel dan gambar, cara mengutip dan penggunaan tanda baca. Oleh karena itu, skripsi harus sesuai kaidah dari aspek rujukan dan kutipan, tabel dan gambar, bahasa dna tanda baca serta penjilidan dan pencetakan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kesesuaian tata tulis skripsi mahasiswa Pendidikan Geografi berdasarkan PPKI Tahun 2010 dalam lima tahun terakhir. Jenis penelitian ini adalah kualitatif (Qualitative Research) dan bersifat deskriptif. Adapun metode penelitian yang digunakan adalah analisis isi. Sumber data penelitian ini adalah skripsi mahasiswa Pendidikan Geografi tahun 2012-2016. Kajian utama penelitian ini pada penulisan skripsi sesuai kaidah PPKI. Dari hasil pengamatan sementara, penulisan skripsi yang disusun oleh mahasiswa Program Studi Pendidikan Geografi tidak sesuai dengan kaidah PPKI. Ketidaksesuaian ini terjadi pada kelima jenis penelitian yaitu: Penelitian Tindakan Kelas (PTK), deskriptif, eksperimen, pengembangan dan penelitian non pendidikan.. Ketidaksesuaian tersebut dapat menimbulkan gangguan komunikasi apabila ide yang disampaikan penulis tidak terserap baik oleh pembaca. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesesuaian tata tulis rujukan dan tabel tergolong sangat tinggi dengan kesesuaian 77.84%, tabel dan gambar tergolong sangat tinggi dengan 84.89%, bahasa dan tanda baca tergolong sangat tinggi dengan 76.36%, serta penjilidan dan pencetakan tergolong sangat tinggi dengan 88.65%. Adapun hasil rata-rata pada penelitian ini 81.93% dengan kategori sangat tinggi. Berdasarkan hasil penelitian, menunjukkan skripsi mahasiswa pendidikan geografi tergolong kategori sangat tinggi dengan sedikit ketidaksesuaian. Hasil penelitian dengan persentase tertinggi ke terendah yaitu: penjilidan dan pencetakan, tabel dan gambar, bahasa dan tanda baca, serta rujukan dan kutipan. Oleh karena itu, disarankan beberapa hal yaitu: 1) dosen dapat mempertahankan dan tetap mewajibkan mahasiswa untuk mematuhi penulisan skripsi sesuai kaidah PPKI, 2) pihak jurusan dapat meningkatkan pengawasan kepada dosen agar mementingkan kesesuaian skripsi mahasiswa, 3) peneliti selanjutnya dapat melakukan penelitian sejenis dengan metode lain.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S2 Manajemen Pendidikan
Depositing User: mr mahasiswa UM
Date Deposited: 25 Jul 2023 06:14
Last Modified: 25 Jul 2023 06:14
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/4062

Actions (login required)

View Item View Item