Pengaruh penggunaan media video terhadap hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA kelas IV SDN polehan 3 Malang / Rina Sulistyaningsih - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh penggunaan media video terhadap hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA kelas IV SDN polehan 3 Malang / Rina Sulistyaningsih

Sulistyaningsih, Rina (2013) Pengaruh penggunaan media video terhadap hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA kelas IV SDN polehan 3 Malang / Rina Sulistyaningsih. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Media Video Pembelajaran Hasil Belajar Pembelajaran IPA di SDN Polehan 3 Malang selama ini masih menggunakan metode konvensional dan masih mengandalkan buku teks dalam pembelajaran. Guru menyajikan materi pembelajaran dengan metode ceramah siswa dipaksa mendengarkan guru yang ceramah didepan sehingga kegiatan belajar mengajar terasa membosankan tidak menarik siswa dan hasil belajar siswa rendah. Salah satu cara untuk memberikan solusi dari permasalahan tersebut yaitu dengan menghadirkan media dalam pembelajaran. Ada berbagai jenis media pembelajaran diantaranya video pembelajaran. Media video pembelajaran merupakan media audio visual yang dapat digunakan untuk menjelaskan materi nyata. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa IPA antara pembelajaran yang menggunakan media video pembelajaran dengan yang tidak menggunakan media video pembelajaran di kelas IV SDN Polehan 3 Malang. Penelitian ini termasuk penelitian eksperimen semu (Quasi Experiment) dengan mengambil subjek penelitian dua kelas yaitu kelas IV B sebagai kelas eksperimen yang diberikan perlakuan berupa penggunaan media video pembelajaran dan kelas IV A sebagai kelas kontrol yang menggunakan pembelajaran konvensional Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes hasil belajar berupa pretes dan postest. Teknik analisis yang digunakan adalah pengujian satu jalur (One Way Anova) yang diselesaikan dengan bantuan komputer program SPSS 16.0 for Windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara nilai rata-rata kelas eksperimen dan kelas kontrol. Berdasarkan hasil analisis hipotesis pada taraf signifikansi 0 05 diperoleh nilai probabilitas (sig) adalah 0 000 0 05 dengan Fhitung 17 929 Ftabel 1 68. Sehingga dapat disimpulkan H0 ditolak berarti ada perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa yang menggunakan media video pembelajaran daur hidup hewan dengan hasil belajar siswa yang tidak menggunakan media video pembelajaran daur hidup hewan dalam pembelajaran IPA kelas IV SDN Polehan 3 Malang. Saran yang diajukan untuk guru bidang studi IPA agar mengoptimalkan penggunaan media video dalam menyajikan materi pelajaran IPA sebagai media pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Bagi kepala sekolah diharapkan bisa menjadikan media video pembelajaran sebagai pertimbangan atau alternatif media yang digunakan untuk menunjang tercapainya tujuan pembelajaran sehingga dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S1 Teknologi Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 03 May 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/406

Actions (login required)

View Item View Item