Pengaruh gaya belajar (Learning Style) dan fasilitas belajar di sekolah terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri 1 Lawang / Laily Fitria Wati - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh gaya belajar (Learning Style) dan fasilitas belajar di sekolah terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri 1 Lawang / Laily Fitria Wati

Laily Fitria (2011) Pengaruh gaya belajar (Learning Style) dan fasilitas belajar di sekolah terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri 1 Lawang / Laily Fitria Wati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci gaya belajar (learning style) fasilitas belajar di sekolah dan prestasi belajar. Gaya belajar (learning style) merupakan kombinasi bagaimana seorang siswa menyerap menerima mengatur dan mengolah informasi (pesan pembelajaran) yang diterimanya.Gaya belajar menurut modalitasnya terdiri dari gaya belajar visual auditorial dan kinestetik setiap siswa mampu belajar secara cukup efektif dengan cara visual auditorial dan kinestetik sehingga tidak membutuhkan perhatian khusus dalam belajar dan ada pula beberapa siswa lebih menonjol menggunakan salah satu gaya belajar dari tiga tipe gaya belajar sehingga membutuhkan perhatian khusus dalam belajar. Siswa yang mengetahui gaya belajarnya maka akan mempermudah siswa tersebut dalam menyerap menerima mengatur dan mengolah informasi (pesan pembelajaran) sehingga akan meningkatkan prestasi belajar siswa. Fasilitas belajar di sekolah merupakan sarana dan prasarana yang ada di sekolah yang dapat digunakan untuk memudahkan dan memperlancar pelaksanaan suatu usaha. Keberadaan fasilitas sebagai salah satu sumber belajar fungsinya tidak lagi terpisah dari proses pendidikan itu sendiri melainkan terlibat secara langsung dalam kegiatan belajar-mengajar. Namun fasilitas belajar tidak akan berarti apabila tidak dimanfaatkan secara efektif. Efektivitas dari pemanfaatan fasilitas belajar yaitu dengan memfungsikan fasilitas belajar yang ada dengan sebaik-baiknya untuk mewujudkan keberhasilan proses belajar mengajar (PBM). Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif korelasional. Populasinya adalah siswa kelas XI IS SMAN 1 Lawang yang berjumlah 182 dalam penelitian ini diambil sampel sebanyak 65 siswa tehnik pengambilan sampel adalah proportional random sampling. Instrumen yang dipakai dalam penelitian ini adalah angket/kuesioner. Analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa gaya belajar mempunyai pengaruh yang positif signifikan terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi di SMAN 1 Lawang sebesar 23 7%. Hal ini dapat dilihat dari thitung 3 231 lebih besar dari ttable 1 671. Fasilitas belajar di sekolah mempunyai pengaruh yang positif signifikan terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi di SMAN 1 Lawang sebesar 35 5%. Hal ini dapat dilihat dari thitung 4 535 lebih besar dari ttabel 1 671. Secara simultan gaya belajar (learning style) dan fasilitas belajar di sekolah berpengaruh terhadap prestasi belajar sebesar 59 2% dan sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Hal ini juga dapat dilihat dari nilai Fhitung 45.010 lebih besar dari Ftabel 1 53. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa secara parsial dan simultan gaya belajar (learning style) dan fasilitas belajar di sekolah berpengaruh secara positif signifikan terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi di SMAN 1 Lawang. Saran yang dapat diajukan dari penelitian ini adalah (1) dalam pengadaan fasilitas belajar sekolah hendaknya lebih memperhatikan kebutuhan belajar siswa (2) melihat pentingnya media pembelajaran dalam penyampaian materi maka guru hendaknya lebih memanfaatkan fasilitas belajar seperti media pembelajaran dan menerapkan model pembelajaran yang sesuai dengan gaya belajar siswa. (3) bagi peneliti selanjutnya diharapkan apabila akan melakukan penelitian yang serupa perlu memperhatikan masalah populasi dan banyaknya variabel bebas yang akan diteliti yaitu pengembangan variabel bebas yang akan diteliti variabel bebas lebih dari dua dan mengenai teori tentang pengambilan populasi tak terhingga sehingga dapat diperoleh hasil yang maksimal.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 26 Jan 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/40519

Actions (login required)

View Item View Item