Pengaruh gaya belajar siswa dan pemanfaatan teknologi informasi terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas XII IPS SMA Negeri 8 Malang / Diah Agustina Risniati - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh gaya belajar siswa dan pemanfaatan teknologi informasi terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas XII IPS SMA Negeri 8 Malang / Diah Agustina Risniati

Diah Agustina (2011) Pengaruh gaya belajar siswa dan pemanfaatan teknologi informasi terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas XII IPS SMA Negeri 8 Malang / Diah Agustina Risniati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Gaya Belajar Siswa Pemanfaatan Teknologi Informasi Prestasi Belajar Siswa. Siswa sebagai peserta didik yang dituntut aktif harus mampu menangkap dan memahami suatu pelajaran dengan cara yang paling efektif agar prestasi belajar yang diperoleh memuaskan. Berkaitan dengan pemahaman dalam proses pembelajaran setiap siswa memiliki cara yang berbeda-beda yakni gaya belajar siswa yang didukung dengan adanya moving class. Selain itu adanya signal wifi di lingkungan SMA Negeri 8 Malang membuat siswa bisa mendapatkan informasi dari berbagai sumber salah satunya adalah melalui teknologi informasi. Gaya belajar siswa dan pemanfaatan teknologi informasi tersebut dapat mempengaruhi prestasi belajar siswa. Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah gaya belajar siswa dan pemanfaatan teknologi informasi berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa baik secara parsial maupun secara simultan. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 8 Malang pada bulan Oktober sampai dengan November 2010 dengan subjek penelitian siswa kelas XI IPS sejumlah 103 siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif dan instrumen yang digunakan berupa kuesioner dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis data deskriptif dan inferensial. Berdasarkan hasil analisis data deskriptif dengan instrumen yang telah lulus uji prasyarat (validitas dan reliabilitas) diketahui bahwa gaya belajar siswa kelas XI IPS di SMA Negeri 8 Malang tahun pelajaran 2010/2011 memiliki gaya belajar visual yang cukup baik gaya belajar auditorial yang cukup baik gaya belajar kinestetik yang cukup baik. Artinya siswa kelas XI IPS di SMA Negeri 8 Malang tahun ajaran 2010/2011 memiliki kombinasi dari ketiga subvariabel gaya belajar siswa yang tergolong cukup baik. Sedangkan tingkat pengenalan teknologi informasi baik dan tingkat penerapan teknologi informasi baik. Artinya siswa kelas XI IPS di SMA Negeri 8 Malang tahun ajaran 2010/2011 memiliki kombinasi dari kedua subvariabel pemanfaatan teknologi informasi yang tergolong baik. Berdasarkan hasil analisis data inferensial yang telah lulus uji asumsi klasik (data terdistribusi normal dan bebas dari multikolinearitas dan heteroskedastisitas) diketahui bahwa gaya belajar siswa memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap prestasi belajar siswa sebesar (0 460)2 atau 0 2116 (21 16%). Terbukti dari hasil analisis diperoleh nilai t sebesar 4 706 dengan signifikansi 0 000. Pemanfaatan teknologi informasi juga memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap prestasi belajar siswa sebesar (0 328)2 atau 0 1076 (10 76%).Terbukti dari hasil analisis diperoleh nilai t sebesar 2.823 dengan signifikansi 0 006. Selain itu diketahui secara simultan bahwa gaya belajar siswa dan pemanfaatan teknologi informasi memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar siswa sebesar (0 519)2 atau 0 269 (26 9%). Terbukti dari hasil analisis diperoleh nilai F sebesar 18 432 dengan signifikansi 0 000. Dari hasil analisis dapat disimpulkan bahwa gaya belajar siswa dan pemanfaatan teknologi informasi berpengaruh secara parsial dan simultan terhadap prestasi belajar siswa kelas XI IPS di SMA Negeri 8 Malang. Saran yang diajukan dari hasil penelitian adalah (1) bagi Universitas Negeri Malang hendaknya dapat memanfaatkan hasil penelitian ini sebagai arsip dan bahan pustaka yang dapat dibaca oleh mahasiswa UM baik untuk keperluan penelitian atau tugas kuliah (2) bagi SMA Negeri 8 Malang hendaknya lebih meningkatkan berbagai sarana dan media pembelajaran yang lebih memberikan peluang siswa mengoptimalkan gaya belajar dan pemanfaatan teknologi informasi (3) bagi guru hendaknya dalam proses pembelajaran memperhatikan gaya belajar yang dimiliki siswa sebelum menerapkan metode dan model pembelajaran yang efektif dan pemanfaatan teknologi informasi (4) bagi siswa hendaknya memperhatikan gaya belajar yang paling dominan dimilikinya agar dapat mengoptimalkan gaya belajarnya sehingga meningkatkan prestasi belajar dan dibarengi dengan pemanfaatan teknologi informasi yang optima juga (5) bagi peneliti selanjutnya apabila melakukan penelitian serupa hendaknya menggunakan variabel independen diluar gaya belajar siswa dan pemanfaatan teknologi informasi karena masih ada faktor lain yang lebih mempengaruhi prestasi belajar siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 19 Jan 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/40516

Actions (login required)

View Item View Item