Pengaruh perhatian orang tua dan fasilitas belajar terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas XI IPS SMA Negeri 8 Malang / Rizka Ariandini - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh perhatian orang tua dan fasilitas belajar terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas XI IPS SMA Negeri 8 Malang / Rizka Ariandini

Rizka (2011) Pengaruh perhatian orang tua dan fasilitas belajar terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas XI IPS SMA Negeri 8 Malang / Rizka Ariandini. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Perhatian Orangtua Fasilitas Belajar Prestasi Belajar. Belajar merupakan suatu proses yang dilakukan seseorang untuk mencapai sesuatu yang di inginkan. Pada saat proses kegiatan belajar mengajar berlangsung setiap siswa tentu berharap akan mendapatkan prestasi belajar yang baik dan memuaskan sesuai dengan usaha yang telah dilakukan. Hal ini dipengaruhi oleh banyak faktor yang meliputi faktor internal dan eksternal. Diantara semua faktor tersebut terdapat faktor perhatian orangtua dan fasilitas belajar yang turut mempengaruhinya. Orang tua menjadi pemimpin dalam keluarganya dan bertanggung jawab penuh terhadap kedewasaan anak-anaknya secara otomatis orang tua pun menjadi pendidik pertama anak-anaknya. Tindakan orang tua dalam menerima mendidik mengawasi dan membantu anak dalam segala kegiatan merupakan bentuk perwujudan perhatian dan peran mereka dalam mendidik anaknya guna meningkatkan prestasi belajarnya. Fasilitas belajar yang memadai akan dapat menumbuhkan daya imajinasi siswa untuk berkreasi dan membuat proses pembelajaran akan berjalan dengan lancar teratur dan nyaman serta dapat menghadapi perkembangan teknologi. Dengan adanya fasilitas belajar yang memadai dan sesuai dengan kebutuhan dan perkembangan siswa maka dapat mencari konsep menumbuhkan dan meningkatkan kemampuannya serta kecakapan hidup. Tentunya siswa harus memanfaatkan fasilitas belajar yang ada dirumah sekolah dan masyarakat dengan baik agar dapat membantu meningkatkan prestasi belajarnya. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan pengaruh perhatian orangtua dan fasilitas belajar terhadap prestasi belajar siswa. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 8 Malang kelas XI IPS. Jenis penelitian ini deskriptif kuantitatif dan instrument yang digunakan berupa kuisioner dan dokumentasi. Jumlah populasi pada penelitian ini sebanyak 103 siswa. Teknik analisis ini menggunakan analisis deskriptif uji asumsi klasik regresi berganda dan uji hipotesis. Berdasarkan hasil analisis data diketahui bahwa perhatian orangtua memiliki pengaruh yang signifikan terhadap prestasi belajar siswa. Terbukti dari hasil analisis diperoleh signifikansi t 0.000 pada tingkat singnifikansi 0.05. fasilitas belajar memiliki pengaruh yang signifikan terhadap prestasi belajar siswa. Terbukti dengan diperolehnya signifikansi t 0.000 pada tingkat signifikansi 0.05. Secara simultan bahwa perhatian orangtua dan fasilitas belajar memiliki pengaruh signifikan terhadap prestasi belajar siswa. Terbukti dari hasil analisis diperoleh F 0.000 pada tingkat signifikansi 0.05. Dan dapat dilihat juga dari koefisien regresi variabel perhatian orangtua (X1) sebesar 0.227 (22.7%) menyatakan bahwa setiap penambahan satu satuan variabel perhatian orangtua akan berpengaruh terhadap meningkatnya prestasi belajar ekonomi sebesar 0.227 (22.7%). Pada variabel fasilitas belajar (X2) sebesar 0.222 (22.2%) menyatakan bahwa setiap penambahan satu satuan variabel fasilitas belajar akan berpengaruh terhadap meningkatnya prestasi belajar ekonomi sebesar 0.222 (22.2%). Berdasarkan uji determinasi diketahui bahwa R2 yang diperoleh sebesar 0.867 (86.7%). Hasil ini berarti bahwa variabel perhatian orangtua dan fasilitas belajar mampu menjelaskan variabel prestasi belajar siswa sebesar 86.7%. Saran yang ditunjukan adalah (1) Orangtua sebagai pihak pertama yang memberikan perhatian kepada anaknya selama dirumah. Orangtua menjadi panutan bagi seorang anak. Untuk itu orang tua diharapkan memberikan perhatian yang baik terhadap anaknya dan memenuhi fasilitas belajar dirumah yang dibutuhkan oleh anaknya. Dengan adanya perhatian orangtua dan kebutuhan anaknya terpenuhi maka anak dalam hal kehidupan pelajaran tentu akan mendorong seorang anak untuk mencapai prestasi belajar yang terbaik sebagai bntuk rasa terimakasih kepada orangtuanya. (2) Bagi Siswa Hendaknya para siswa mempunyai semangat yang baik untuk mencapai prestasi belajar yang terbaik dalam mata pelajaran disekolah. Dengan adanya prstasi belajar yang terbaik maka akan mnjadi kebanggaan orang tua yang telah memberikan perhatian. Dan hendaknya siswa juga memaksimalkan fasilitas belajar yang ada dirumah disekolah dan masyarakat karena dengan memaksimalkan fasilitas yang ada akan menunjang prestasi belajar. (3) Bagi Sekolah diharapkan dalam pengadaan fasilitas belajar hendaknya memperhatikan kebutuhan belajar siswa terutama sumber belajar yang terkait dengan pelajaran ekonomi dan memperbaiki fasilitas belajar yang telah ada terutama fasilitas yang menunjang dalam proses pembelajaan misalnya penataan ruang kelas keadaan laboratorium keadaan perpustakaan dan penggunaan media pembelajaran karena fasilitas yang ada sangat berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa. (4) Bagi peneliti lain yang melakukan penelitian yang serupa mengenai perhatian orangtua dan fasilitas belajar hendaknya menambah jumlah tempat penelitian. Sehingga nantinya ada perbandingan antara tempat yang satu dengan tempat yang lainnya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 19 Jan 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/40515

Actions (login required)

View Item View Item