Penerapan model pembelajaran kooperatif student team achievement division (STAD) untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar mata pelajaran ekonomi siswa kelas X-5 Madrasah Aliyah Almaarif Singosari Kab. Malang / Winarti - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model pembelajaran kooperatif student team achievement division (STAD) untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar mata pelajaran ekonomi siswa kelas X-5 Madrasah Aliyah Almaarif Singosari Kab. Malang / Winarti

UNSPECIFIED (2010) Penerapan model pembelajaran kooperatif student team achievement division (STAD) untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar mata pelajaran ekonomi siswa kelas X-5 Madrasah Aliyah Almaarif Singosari Kab. Malang / Winarti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci Model Pembelajaran STAD Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Setelah melakukan observasi awal di Madarasah Aliyah ALMAARIF singosari peneliti mengetahui bahwa di MA ALMAARIF merupakan sekolah berkareditasi A dan sekolah yag menerapkan kurikulum KTSP dimana siswa mengalami kejenuhan apabila guru hanya menggunakan metode konvensional saja. Pada dasarnya pembelajaran konvensional tidak selalu lebih buruk dari pada pembelajaran kooperatif pada prakteknya metode konvensional juga masih banyak digemari oleh siswa tetapi metode konvensional saja tidak cukup sehingga harus divariasikan dengan metode Pembelajaran lainnya misalnya saja metode pembelajaran kooperatif sehingga dengan penerapan model pembelajaran kooperatif diharapkan dapat membuat siswa lebih tertarik pada pembelajaran dan tidak jenuh dengan metode pembelajaran yang diterapkan sebelumnya. Banyak Metode Pembelajaran yang pernah digunakan oleh guru dalam pembelajaran seperti model diskusi tanya Jawab Pemberian soal-soal dan model Jigsaw. Tetapi apabila tidak dikombinasikan dengan model lainnya maka siswa akan mengalami kejenuhan hal ini akan berpengaruh terhadap pembelajaran dan akan berdampak pula pada hasil belajar yang kurang optimal. Pembelajaran model STAD masih belum pernah digunakan oleh guru mata pelajaran ekonomi di MA ALMAARIF pada pembelajaran sebelumnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan berpikir kritis siswa dan hasil belajar siswa dengan penerapan model pembelajaran STAD. Penelitian ini merupakan penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan 2 siklus pembelajaran. Data penelitian berupa kemampuan berpikir kritis diperoleh melalui lembar observasi kemampuan berpikir kritis dengan menggunakan 7 indikator kemampuan berpikir kritis dengan 4 deskriptor pada tiap-tiap indikator. Data hasil belajar diperoleh dengan menggunakan tes kemampuan awal (pre test) dan tes kemampuan akhir setelah tindakan (Post test). Dari hasil penelitian pada siklus I diketahui bahwa prosentase aspek menerapkan konsep diketahui sebesar 55.62%. Pada siklus II dikatahui bahwa prosentase aspek menerapkan konsep diketahui sebesar 61.25 %. Prosentase peningkatan kemampuan berpikir kritis aspek menerapkan konsep nampak telah mengalami peningkatan sebesar 5.63 % dari siklus I sebesar 55.62% menjadi 61.25 % pada siklus II. Dari data diatas dapat diketahui peningkatan hasil belajar post test siswa kelas X-5 mengalami peningkatan rata-rata sebesar 7 yaitu pada siklus I nilai rata-rata sebesar 72 menjadi 79 pada siklus II. Prosentase kenaikan dari siklus I ke siklus II sebesar 10 %. i Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Penerapan model pembelajaran kooperatif STAD dapat meningkatkan kemampun berpikir Kritis siswa kelas X-5 MA AL MAARIF Singosari penerapan model pembelajaran kooperatif STAD dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas X-5 MA AL MAARIF Singosari dengan penerapan model pembelajaran STAD kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa MA AL MAARIF Singosari mengalami peningkatan yang signifikan. Beberapa saran yang dapat peneliti sampaikan yaitu Selaian menerapkan model pembelajaran konvensional sebaiknya guru memberi variasi lain seperti penerapan model pembelajaran kooperatif model Jigsaw STAD NHT Group Investigation guru mata pelajaran ekonomi MA ALMAARIF Singosari diharapkan menerapkan model pembelajaran STAD pada materi Konsumsi tabungan dan investasi dikarenakan model pembelajaran STAD cocok digunakan pada materi yang memuat rumus-rumus perhitungan sederhana dalam penerapan model pembelajaran STAD diharapkan guru dapat mengatur waktu menyiapkan perencanaan serta menyiapkan media yang sesuai dengan materi sehingga pembelajaran dapat lebih efektif dan efisien guru mata pelajaran Ekonomi MA ALMAARIF Singosari diharapkan menggunakan lembar kumpulan poin prestasi dan stiker untuk meningkatkan skor peningkatan individu sehingga siswa termotivasi untuk lebih aktif dalam bertanya berpendapat serta menjawab pertanyaan. ii

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 27 Oct 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/40502

Actions (login required)

View Item View Item