Pengaruh keaktifan berorganisasi dalam organisasi ekstrakurikuler kemahasiswaan dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar mahasiswa Jurusan Ekonomi Pembangunan periode 2009/2010 Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang / Helmi Barliansyach - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh keaktifan berorganisasi dalam organisasi ekstrakurikuler kemahasiswaan dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar mahasiswa Jurusan Ekonomi Pembangunan periode 2009/2010 Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang / Helmi Barliansyach

Helmi (2010) Pengaruh keaktifan berorganisasi dalam organisasi ekstrakurikuler kemahasiswaan dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar mahasiswa Jurusan Ekonomi Pembangunan periode 2009/2010 Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang / Helmi Barliansyach. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci keaktifan berorganisasi Motivasi Belajar prestasi belajar mahasiswa Mahasiswa Jurusan Ekonomi Pembangunan Fakultas Ekonomi. Dunia perguruan tinggi merupakan tempat pendidikan yang mengedepankan kemandirian bagi individu yang terlibat di dalamnya sehingga kebebasan dalam bidang akademik maupun non akademik sangat terasa bila dibandingkan dengan tingkat pendidikan di bawahnya. Aspek kegiatan dalam dunia perkuliahan yaitu kegiatan intrakurikuler (akademik) dan kegiatan ekstrakurikuler (keaktifan dalam berorganisasi) menjadi bagian yang tak terpisahkan dalam kegiatan seorang mahasiswa begitu pula dengan adanya Motivasi Belajar yang tinggi pula sebagai kunci awal untuk membuka kesuksesan yang mana motivasi belajar yang tinggi dan selalu adanya keinginan untuk menjadi yang terbaik maka Prestasi Belajar yang tinggi dan baik akan tercapai. Tujuan penelitian ini adalah untuk 1) Mendiskripsikan pengaruh keaktifan berorganisasi mahasiswa dalam Organisasi Kemahasiswaan terhadap prestasi belajar Mahasiswa Jurusan Ekonomi Pembangunan Fakultas Ekonomi UM 2) Mendiskripsikan Pengaruh Motivasi Belajar terhadap prestasi belajar Mahasiswa Jurusan Ekonomi Pembangunan Fakultas Ekonomi UM 3) Mendiskripsikan pengaruh Kekatifan berorganisasi ekstrakurikuler dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar mahasiswa jurusan ekonomi pembangunan Fakultas Ekonomi UM Rancangan penelitian yang digunakan adalah metode Eksplanasi Kuantitatif Populasi penelitiannya adalah seluruh mahasiswa Jurusan Ekonomi Pembangunan Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang angkatan 2007 2008 dan 2009 yang aktif dalam Organisasi Kemahasiswaan Fakultas Ekonomi UM periode 2009 dan 2010. Penelitian ini menggunakan teknik penelitian populasi hal ini dikarenakan jumlah populasi dari subjek penelitian tidak lebih dari 100 responden. Tepatnya 75 responden Maka daripada itu Penelitian ini menggunakan Penelitian Populasi dengan tingkat kesalahan sebesar 5% Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner atau angket dan dokumentasi. Sedangkan untuk analisis datanya menggunakan analisis statistik deskriptif analisis regresi linier berganda dan pengujian hipotesis (uji t). Program komputer yang digunakan adalah SPSS 13.00 for windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keaktifan berorganisasi dalam Organisasi Kemahasiswaan mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap prestasi belajar mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. pengaruh antara variabel X1 (Keaktifan Berorganisasi) dengan variabel Y (Prestasi Belajar) dengan uji signifikansi 0 000 yang lebih kecil dari 945 0 05. berdasarkan hasil analisis dapat diketahui bahwa keaktifan berorganisasi memberikan pengaruh secara parsial sebesar 36 60% terhadap prestasi belajar mahasiswa. Untuk Variabel kedua Motivasi belajar secara parsial nilai 946 sebesar 0 583 t hitung sebesar 7 149 signifikan t variabel X2 (Motivasi Belajar) adalah sebesar 0.000 yang lebih kecil dari 945 0 05. Hal ini merupakan bukti kuat bahwa Variabel Motivasi Belajar berpengaruh signifikan terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Jurusan Ekonomi Pembangunan Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang (Y) dan motivasi belajar mempunyai pengaruh secara parsial sebesar 41 60% terhadap prestasi belajar dengan demikian maka H0 ditolak dan H2 diterima Hasil dari Penelitian ini dari Uji F nilai F 55 781 dengan taraf sig 0 000. Karena sig 0 05 maka H0 ditolak atau Ha diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa secara serentak keaktifan berorganisasi dan motivasi belajar mahasiswa berpengaruh secara signifikan terhadap prestasi belajar mahasiswa. Sehubungan dengan hasil penelitian di atas maka saran yang dapat diberikan oleh penulis adalah kepada mahasiwa yaitu hendaknya lebih bias membagi waktu antara organisasi dan akademik melibatkan diri secara aktif dalam Organisasi Kemahasiswaan di lingkungan kampus baik tingkat Universitas maupun tingkat Fakultas karena akan memperoleh pengalaman edukatif yang akan mempengaruhi sikap dan cara berpikirnya melibatkan diri secara aktif dalam kegiatan belajar mengajar di kelas serta memanfaatkan ilmu yang didapat dari organisasi untuk digunakan dalam suasana perkuliahan Sedangkan untuk peneliti berikutnya perlu mengadakan penelitian kembali dengan mengambil sampel yang lebih luas lagi dan menghubungkan variabel lain di luar variabel yang telah ada.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 22 Oct 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/40494

Actions (login required)

View Item View Item