Persepsi guru tentang penilaian portofolio dan pelaksanaannya di SMA negeri Kota Malang (studi pada guru yang membina mata pelajaran ekonomi di SMA negeri Kota Malang) / Retno Erwin A. - Repositori Universitas Negeri Malang

Persepsi guru tentang penilaian portofolio dan pelaksanaannya di SMA negeri Kota Malang (studi pada guru yang membina mata pelajaran ekonomi di SMA negeri Kota Malang) / Retno Erwin A.

Retno (2010) Persepsi guru tentang penilaian portofolio dan pelaksanaannya di SMA negeri Kota Malang (studi pada guru yang membina mata pelajaran ekonomi di SMA negeri Kota Malang) / Retno Erwin A. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Guru Persepsi Pelaksanaan Penilaian Portofolio. Dunia pendidikan memiliki tantangan untuk meningkatkan standar kualitas sumber daya manusia yang nantinya mampu bersaing dalam era global yang menuntut keterampilan serta kreatifitas tinggi. Dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan sistem penilaian dilandasi oleh prinsip validitas reabilitas menyeluruh berkesinambungan obyektif dan mendidik. Sehubungan hal tersebut pendekatan penilaian yang digunakan adalah pendekatan penilaian berbasis kelas salah satunya adalah penilaian portofolio. Keberhasilan pelaksanaan penilaian portofolio sangat dipengaruhi oleh kemampuan guru dalam mempersepsikan menerapkan dan mengaktualisasikan penilaian portofolio dalam pembelajaran. Kemampuan guru dalam mempersepsikan penilaian portofolio tersebut terutama berkaitan dengan pengetahuan dan pemahaman guru. Tujuan penelitian ini yaitu 1) mendeskripsikan persepsi guru SMA Negeri di Kota Malang yang membina Mata Pelajaran Ekonomi tentang konsep penilaian portofolio 2) mendeskripsikan persepsi guru SMA Negeri di Kota Malang yang membina Mata Pelajaran Ekonomi tentang implementasi penilaian portofolio dalam KTSP 3) mendeskripsikan persepsi guru SMA Negeri di Kota Malang yang membina Mata Pelajaran Ekonomi tentang pelaksanaan kegiatan balajar mengajar dalam rangka implementasi penilaian portofolio 4) mendeskripsikan bagaimana guru SMA Negeri di Kota Malang yang membina Mata Pelajaran Ekonomi melaksanakan penilaian portofolio 5) mendeskripsikan hambatan yang terjadi pada pelaksanaan penilaian portofolio. Dalam mengumpulkan data penulis menggunakan metode kuisioner/angket wawancara dan dokumentasi. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah Guru Yang Membina Mata Pelajaran Ekonomi Di SMA Negeri Kota Malang yang berjumlah 33 orang. Penelitian ini adalah penelitian populasi karena pertimbangan jumlah populasi

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 27 Oct 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/40487

Actions (login required)

View Item View Item