Hubungan Persepsi Siswa Tentang Kondisi Fisik Sekolah Dengan Motivasi Belajar Siswa Di Sekolah Lanjutan Tingkat Pertama (SLTP) Negeri 3 Lawang Malang Oleh Imam Suhariyanto - Repositori Universitas Negeri Malang

Hubungan Persepsi Siswa Tentang Kondisi Fisik Sekolah Dengan Motivasi Belajar Siswa Di Sekolah Lanjutan Tingkat Pertama (SLTP) Negeri 3 Lawang Malang Oleh Imam Suhariyanto

Imam (2010) Hubungan Persepsi Siswa Tentang Kondisi Fisik Sekolah Dengan Motivasi Belajar Siswa Di Sekolah Lanjutan Tingkat Pertama (SLTP) Negeri 3 Lawang Malang Oleh Imam Suhariyanto. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Motivasi belajar adalah hal yang paling penting bagi seorang siswa untuk dapatm elakukana ktivitas belajar sebabd enganm otivasi belajar s eseoranga kan memiliki banyak tenaga dan kemaqan untuk melakukan aktivitas belajar. Sebalikny4 seseoranyga ng tidak memiliki motivasi belajarm akad ia akane ngganu ntuk melakukan aktivitas belajar. Maka yang pertama kali harus dilakukan oleh seseorang unhrkd apatb el4iard enganb aik adalahb rusaham enumbuhkanm otivasi belEar tersebut b aikyang datangd ari dalam individu mauplmy ang datangd ari luar individu. Terkait dengan motivasi dari luar individu salah satu faktor yang paltng urgena dalahs ekolahh arusm enyediakans aranad an prasaranab elajary ang memadai dan relevan dengan kondisi siswa pada saat itu. Masalahy ang dibahasd alam penelitiani ni adalah( l) Bagaimanakahp ersepsi siswa tentang kondisi fisik sekolah di Sekolah Lanjutan Tingkat Pertama Negd 3 Lawang ( 2) Bagaimanakahm otivasi belajar siswad i SekolahL anjutanT ingkat Pertama Negen 3 Lavrang (3) Adakah hubungan antara persepsi siswa tentang kondisi fisik sekolah dengan motivasi belajar siswa di Sekolah Lanjutan Tingkat Psr amaN egeri 3 Lawang.A dapun tujuan yang ingin dicapai adalah( l) Ingin mengetahupi ersepssi iswat entangk ondisi fisik SekolahL anjutanT ingkat Pertama Negeri 3 Lawang (2) Ingin mengetahui motivasi belajar siswa Sekolah Lanjutan Tingkat Pertama Negeri 3 Lawang (3) Untuk mengetahui ada tidaknya hubungan persepsi siswa tentang kondisi fisik sekolah dengan motivasi belajar siswa Sekolah Lanjutan Tingkat Pertama Negeri 3 Lawang. Rancanganp enelitiannyam enggunakand eskriptif Korelasional.M etode ini digunakanu ntuk menggambarkanko ndisi fisik SekolahL anjutanT ingkat Pertama Negeri 3 Lawangd an Motivasi Belajar Siswa.S edangkanM etode Korelasional digunakanu ntuk menentukans eberapab esarh ubungana ntaraP ersepsSi iswat entang KondisiF isik Sekolahd enganM otivasiB elajarS iswad i SekolahL anjutanT ingkat Pertama Negeri 3 Lawang. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa/siswi Sekolah Lanjutan Tingkat Pertama Negeri 3 Lawangy angj umlah keseluruhannya8 11 siswa.M etode pengumpuland ata dilakukan denganm enggunakana ngket o bservasi d okumend an wawancara.S edangkante knik pengmbilan sampeld ilakukand enganm enggunakan teknik Proponional RandomS amplingy aitu pengambilans ampels ecarap roporsip sesuaid enganb esamyak elasm asing-masingd engana lasanu ntuk memberikan i kesempatayna ng samak epadas emuai ndividu sehinggad apatd ipilih meqiadi anggotasa mpeld enganc arau ndiaq yangj umlahnya 81 siswa. Teknik Analisa daa yang digunakan meliputi (1) Analisis deslriptif yaitu untukm endiskripsikank ondisi fisik dan motivasi belajar siswaS ekolahL anjutan Tingkat Pertama Negeri 3 Lawang (2) Analisis Froduct Moment yaitu untuk menguji hipotesis nol (H0) dan hipotesis alternatif GIa). Berdasarkana nalisad ata d iperolehk esimpulanb ahwa l) 14 dari 81 responde(n1 7 28%) menyatakanb ahwak ondisi fisik SekolahL anjutanT ingkat Pertama(S LTP) Negeri 3 l awangd alam keadaanb aik 25 responden( 30 86 %) menyatakacnu kup 29 responden( 35 807 om enyatakans edangd an 13 responden (16 04%)m enyatakaknu rang.S edangkan2 ) Motivasib elajars iswa l 5 dari 8l responde(n1 8 18% ) memiliki motivasib elajar baik 2 3 responden(2 8 39o /o) memiliki motivasi belajar cukup 26 responden( 32 09 o/o)m emiliki motivasi belajar sedangs erta 17 responden( 2A 98o /o)m asihd alarnk eadaank urang.3 ) Hubungan prsepei siswa tentang kondisi fisik sekolah dengan motivasi belajar siswa menur ukkanh argar xy sebesa0r 903p adat arafsignifikasi sebesa0r 000.O leh karena probabilitas 0 05 maka Ho di tolak. Dengan demikian dapat dikaakan bahwa terdapat hubungan positifyang signifikan antara persepsi siswa tentang kondisi fisik sekolah dengan motivasi belajar siswa di Sekolah Lanjutan Tingkat Pertama Negeri 3 Lawang. Saran yang dapat penulis berikan dalam penelitian ini Kepala Sekolah sebagaAi dministrator sekolahh endalnyas elalu memperhatikand an meningkatkan kelengkapans aranap rasaranay ang menadai yang disesuaikand engank urikulum dan keadaans iswap da saati tu. Sebaby ang demikian itu diharapakana kan membangkitkanm otivasi belajar sisway ang padaa khirnyaa kan tercapainyata rget tujuan pendidikan yang maksimal.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 20 Jul 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/40460

Actions (login required)

View Item View Item