Pengaruh Karakteristik Individu Terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Ekonomi Siswa Madrasah Aliyah Al-Anwar Jombang Oleh Mochammad Machrus - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh Karakteristik Individu Terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Ekonomi Siswa Madrasah Aliyah Al-Anwar Jombang Oleh Mochammad Machrus

Mochammad (2010) Pengaruh Karakteristik Individu Terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Ekonomi Siswa Madrasah Aliyah Al-Anwar Jombang Oleh Mochammad Machrus. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Karakteristik individu merupakan salah satu faktor yang dapat menentrtkan terhadap prestasi belajar siswa dalan rnengikuti kegiatan belajar di sekolah. fingkat pencapaianp restasib elajar itu tnenyebard a i yang laldah sarnpaiy ang tinggi. Selain itu prestasi belajar dipengaruhi oleh beberapa faktor yaitu faktor intenr lnaupun ekstem. Berdasarkan hal tetsebut peneliti tertarik urtuk mengadakanp enelitiant entangp engaruhk arakteristiki ndividu terhadapp restasi bela.iayr angd iiilrat dari segik edisiplinan S tatusS osialE konomi d anI Q. Penelitiani ni bertujuanu ntuk mengetahubi esamyap engaruhk arakteristik individu cleirganp restasbi elaja r. Populasdi alarnp enelitianin i adalahs iswak elasI I MadrassaAh liydr AL - ANWAR PaculgowangD iwek Jombang.S ampely ang digtrrrakanya itu rardorn sampling dengan menetapkzurre spondens ebanyak5 0 % dari selunrlt junrlahp opulasiT. ehnikp engumpuladna tay angd igunakana dalahk oesionedr an dokurnentasiU. ntuk rncmbuklikanp enelitiani ni digunakant ehnik analisisk orelasi dant elrnika naiisisre greslii nierb erganda. Hasil penelitiani ni rnenunjukkanb ahwak arakteristiki ndividu yatg terdiri atas kedisiplinan status sosial ekonorni dan IQ mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap prestasi belajar. Dan hasil perhitungan temyata variabel kedisiplinanm empunyaip engaruhp ositif dan sig nifikartre rhadapp restasbi elajar. Hal ini cli buktikand enganb esarnyak oefisienr egresiy aitu 0 372 dut t hitung sebesa3r .i17I sertap robabllitass ebesa0r 003 ( P 0 05). Untuk statuss osial ekonorni dapat dibuktikan dengan besamya koefisien regresi yaittr 0 343 dan t hiturrgs ebesa3r .112 sertap robabilitas ebesa0r 00 ( P 0 05 ). SedangkaInQ dapatd ibuktikand enganb esarnyak oefisienr e resiy aitu 0 233 dant hitung sebesar 3.874s ertap robabilitase besa0r 001( P 0 05) . Adapiurs aran-sarayna ng dapatd irurnuskarb erdasarkahria sil penelitianin i adalalr siswad isaralkan agar lebih rneningkatkank edisiplinannyad alarnb elajar maupunk egiatanl ainnyad isekolah 2 Siswad isarankanu ntuk bersifatt erbuka kepadao rangt ua atauw ali untuk tidak ragu-ragum enceritakanke sulitan-kesulitan yang dihadapin tengenasi aranab elajar.3 . Sisway ang lQ nya dibawahs tandart disirrlnkanlo bihr nonirrg katkbacnl ajanrybaa ikd isekolahn ratrpudni rurnah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 16 Jul 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/40445

Actions (login required)

View Item View Item