Korelasi Antara Fasilitas Belajar dan Prestasi Belajar Mata Pelajaran Ekonomi Bagi Siswa Madrasah Aliyah Al Huda Duko Timur Kecamatan Larangan Kabupaten Pamekasan Oleh Muhtadi - Repositori Universitas Negeri Malang

Korelasi Antara Fasilitas Belajar dan Prestasi Belajar Mata Pelajaran Ekonomi Bagi Siswa Madrasah Aliyah Al Huda Duko Timur Kecamatan Larangan Kabupaten Pamekasan Oleh Muhtadi

UNSPECIFIED (2010) Korelasi Antara Fasilitas Belajar dan Prestasi Belajar Mata Pelajaran Ekonomi Bagi Siswa Madrasah Aliyah Al Huda Duko Timur Kecamatan Larangan Kabupaten Pamekasan Oleh Muhtadi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Faktor pendidikan merupakan faktor yang dominan dalam kehidupan seharihari.P endidikanb erlangsungs umurh idup mulai dari lingkungank eluarga masyarakadt a n di lembaga-lembagap endidikan.S alahs atu upayam eningkatanmutup endidikan diperlukans aranad an prasaranay ang memadai s epertih alnyaupayam emiliki buku-bukup elajaran b eberapaa lat tulis menulis a lat pelajarand ansaranab elajary ang lain hal itu sangatp entingd an harusd ilakukan mengingatb ukupelajaranm erupakans umberi nformasi dalamm endapatkans uatup elajaran.U payapeningkatand an penyempum rnp endidikanp erlu didukungo leh adanyaf asilitasataus aranab elajary ang baik sebagaai lat dari tehnisb elajary ange fiktifdan efisien.Fasilitas belajar atau sarana belajar merupakan salah satu faktor dalamkeberhasilansu atup endidikan Keberadaanfa silitas yang lengkaps angatberpengaruthe rhadapk elancarand an terarahnyap rosesb elajarm engajarPendidikanm erupakans uatuu sahad alamm engembangkakne mampuand ankepribadiany ang baik baik di dalam sekolahm aupund i luar sekolah.D isadaribahwap erananf asilitas belajar sangatp entingd alam meningkatkanp restasbi elajarsiswa walaupun adakala siswa yang tidak mempunyai fasilitas yang lengkap justruprestasinyale bih baik dibandingkand engany ang fasilitas belajamyal engkap. Penelitian ini bernrjuan untuk (1) Mengetahui kondisi fasilitas atau saranabelajar yang dimiliki siswa MA. Aliyah Al-Huda Duko Timur Kecamatan LarangankabupatenP amekasanp adas emesteIr TahunP elajaran2 002i2003.( 2) lv engetahuiprestasbi elajarm ata pelajaranE konomi bagi siswaM A. Aliyah Al-Huda DukuTimur KecamatanL aranganK abupatenP amekasans emesteIr TahunP elajaran20022003. (3) Mengetahui ada tidaknya korelasi antara silitas belajar dan prestasibelajar mata pelajaran Ekonomi bagi siswa MA. Aliyah Al-Huda Duko TimurKecamatanL arangaK abupatenP amekasanp adas emesteIr TahunP elajaran2AA2t20A3Rancanganp enelitiani ni adalahk orelasional.S ampely ang diambil dengantehnik random p engumpuland atanyam enggunakana ngketd an dokumentasi.Tehnika nalisisd atam enggunakand eskriptifdan korelasid enganb antuanp rogramSPSS 10.0 for windows. Populaspi enelitiani ni adalahs emuas iswaM A. Aliyah Al Huda DuLo TimurKecamataLna ranganK abupatenP amekasany akni 208 siswa s edangkans ampelnya25 % dzrr populasi yaitu 52 siswaHasil dari penelitian ini diketahui (1) Kondisi fasilitas belajar siswamenunjukka1n5 4% 8 siswam empunyafia silitass angalte ngkap 19 2% l0sisram empunyafai silitasl engliap 2 8 8% 15s iswam empunyafia silitasc uliuplengkadt an2 3] N tz siswa mempunyaif asilitas kurangl engkaps erta 1.3 5% 7sisway angt idak mempunyaif asilitas tidak lengkap.( 2) Prestasbi elajar siswa melipnt i 13 50/ 7 siswam empunyapi restassi angabt aik 76 9944 0 sisv zmempunypari estasbi aik dan9 6% 5 sisway angm empunyapi restasci ulup -p) Ada lorelasi antara fasilitas belajar dan prestasi belajar mata pelajaran Ekonomibagi siswa Madrasah Aliyah Al-Huda Duko Timur Kecamatan Larangan KabupatenPamekasaprar das emesteir TahunP elaiar err20 22003 h al ini didasar-or leh hasiianalisikso relasai ntaraf asilitasb elajard anp res .asbi elajars ebesa0r .721p adataftfsigrrifikan s i 0 000.Kesimpuland ari penelitianin i (1) Korrdisif asilitasb elajars iswai dA AIHudaDiiko Timur LaranganP amekasanm ayoritasc ukup lengkap( 28 8%).( 2)Prestasbie lajars iswaM A.AI-Huda Duko Timur LaranganP amekasanm ayoritasbaik(76 9%). (3) Ada korelasi yang sigrrifikan antara fasilitas belajar dan prestasibelajar. Berdasarkanh asil penelitiand i atas d isampaikans arank epada (1) KepaiaSekolahd iharapkanm encarim asukand an solusi untuk lebih melengkapil agi bukubukupelajaran u tamanyap elajarane konomid i perpustakaana garp restasib elajarsiswa dapat meningliat. (2) Guru pelajaran Ekorromi diharapkan selalu merrrberimotivasi kepada siswa agar mereka memiliki bulu pelajaran y ang relevan sertabagaimansai swa bisa memanfaatkanfa silias-fasilitas belajary ang sudahd isediakandi perpustakaaang arp restasinyam eningliai.( 3) Orangt ua diharapkanl ebihmemperhatikapnu tra-putrinyad alam penyediaank ebutuhanb elajaru tamanyab ukupelajarand an mengontroVmengawabsei lajarm erekad i luar jam elajarans ekolah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 16 Jul 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/40442

Actions (login required)

View Item View Item