Pengembangan multimedia interaktif olahraga adaptif bagi cerebral palsy spastik diplegia level III - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan multimedia interaktif olahraga adaptif bagi cerebral palsy spastik diplegia level III

Riswari, Fina (2022) Pengembangan multimedia interaktif olahraga adaptif bagi cerebral palsy spastik diplegia level III. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Tubuh yang bugar dan sehat menjadi hal yang penting dalam mencapai kualitas hidup yang baik. Dengan tubuh yang sehat dan bugar seorang individu dapat meningkatkan aktiftas dengan produktif baik dari aspek sosial, akademik,dan psikomotor. Tidak terkecuali untuk cerebral palsy, walaupun mereka memiliki hambatan dari aspek motoriknya tidak menutup kemungkinan bagi mereka untuk mencapai kualitas hidup yang lebih baik dengan meningkatkan kebugaran dan kesehatan tubuh melalui aktifitas olahraga. Namun aktifitas ini sering kali terabaikan karena keterbatasan pendamping baik orang tua maupun guru (caregiver) dalam membersamai cerebral palsy dalam melakukan aktifitas olahraga karena keterbatasan media.Keterbatasan media olah raga yang sesuai dengan karakteristik dan kebutuhan cerebral palsy saat ini masih terbatas, sehingga kurang memungkinkan bagi orang tua maupuan cerebral palsy itu sendiri dalam melakukan aktifitas fisik. Media ini mencangkup 3 tipe gerakan yang dapat membantu dalam aktifitas kebugaran cerebral palsy antara lain gerakan fleksibility, kardiorespitori, serta daya tahan dan kekuatan. Penelitian ini mempunyai tujuan untuk menghasilkan media olahraga adaptif berbasis multimedia interaktif yang dapat dimanfaatkan cerebral palsy maupun bagi orang tua dalam olahraga kebugaran. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah Research and Development yang mengadaptasi prosedur pengembangan Borg and Gall dengan 10 tahapan yang terdiri: potensi dan masalah, pengumpulan data/informasi, desain produk, validasi desain, revisi desain, ujicoba produk, revisi produk, uji coba pemakaian, revisi produk, dan produk masal. Fokus tahapan pengembangan pada penelitian ini adalah: potensi dan masalah, pengumpulan data/informasi, desain produk, validasi desain, revisi desain, ujicoba produk, dan revisi produk. Validitas desain produk dilakukan dengan cara meminta penilaian dari para ahli media, ahli materi, dan praktisi, masing-masing berjumlah tiga orang. Penilaian oleh para ahli menggunakan instrumen berupa format penilaian berdasarkan skala Likert, yang selanjutnya dianalisis menggunakan formula Aikens’V. Validitas desain produk menghasilkan rerata nilai sebesar 0,92 yang sama besarnya dari nilai r-tabel Aikens’V sebesar 0,928. Dengan demikian, desain produk dinyatakan valid dan layak untuk diujicobakan. Ujicoba dilakukan kepada 6 siswa cerebral palsy sebagai pengguna untuk menilai kepraktisan produk. Instrumen pengumpulan data dalam ujicoba produk adalah format penilaian berdasarkan skala Likert, yang selanjutnya diujicobakan dalam kelompok terbatas dan data dianalisis menggunakan persentase, dan diperoleh nilai 92%. Hal ini menunjukkan bahwa tampilan media olahraga adaptif berbasis multimedia interaktif yang digunakan oleh cerebral

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General) > LM Media Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Bimbingan dan Konseling (BK) > S2 Bimbingan dan Konseling
Depositing User: mr mahasiswa UM
Date Deposited: 25 Jul 2023 03:31
Last Modified: 25 Jul 2023 03:31
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/4043

Actions (login required)

View Item View Item