Pengembangan media pembelajaran video pada mata pelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan (PJOK) materi senam bagi siswa Tunagrahita di Sekolah Inklusi - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media pembelajaran video pada mata pelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan (PJOK) materi senam bagi siswa Tunagrahita di Sekolah Inklusi

Pertiwi, Agita Dian (2023) Pengembangan media pembelajaran video pada mata pelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan (PJOK) materi senam bagi siswa Tunagrahita di Sekolah Inklusi. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk merancang dan mengembangkan media pembelajaran Video pada Mata pelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan (PJOK) Materi Senam untuk Siswa Tunagrahita di sekolah inklusi, yang dapat digunakan sebagai pendukung pembelajaran dan mengetahui efektifitas media dalam pembelajaran olahraga siswa tunagrahita di Sekolah Dasar Inklusi Kota Malang Model pembelajaran yang digunakan dalam penelitian adalah model pengembangan dari Borg & gall dengan prosedur pengembangan yang terdiri dari : (1) pengumpulan informasi awal, (2) perencanaan, (3) pengembangan produk awal, (4) validasi ahli, (5) revisi awal, (6) uji coba lapangan, dan (7) revisi akhir. Subjek uji coba dalam penelitian ini adalah siswa tunagrahita kelas IV SD Islamic Global School Malang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah menggunakan lembaran angket penilaian ahli media, ahli materi, praktisi dan menggunakan lembar tes hasil belajar untuk mengetahui efektifitas penggunaan media pembelajaran video ini. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran video pada mata pelajaran PJOK materi senam untuk siswa tunagrahita yang dikembangkan layak dan efektif. Kelayakan dapat dilihat dari hasil penilaian ahli media dengan skor 76% dengan kategori “layak”, selain itu dari ahli materi memperoleh skor 92% dan praktisi memberikan skor 97% yang keduanya termasuk dalam kategori “sangat layak”. Sedangkan keefektifan dapat dilihat dari hasil penilaian tes uji coba lapangan dengan skor 97% untuk hasil tes individu dan 93,65% untuk hasil tes kelompok yang keduanya termasuk dalam kualifikasi “sangat efektif” untuk digunakan saat pembelajaran.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Bimbingan dan Konseling (BK) > S2 Bimbingan dan Konseling
Depositing User: mr mahasiswa UM
Date Deposited: 27 Jul 2023 00:50
Last Modified: 27 Jul 2023 00:50
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/4042

Actions (login required)

View Item View Item