Penerapan pendekatan salingtemas (Sains, lingkungan, teknologi, masyarakat) melalui model kooperatif number heads together (NHT) untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar ekonomi siswa kelas X-B SMA Tamansiswa (Taman madya) kota Malang / Andi Yustira Lestari Wahab

Andi Yustira Lestari (2010) Penerapan pendekatan salingtemas (Sains, lingkungan, teknologi, masyarakat) melalui model kooperatif number heads together (NHT) untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar ekonomi siswa kelas X-B SMA Tamansiswa (Taman madya) kota Malang / Andi Yustira Lestari Wahab. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Andi Yustira Lestari Wahab. 2010. Penerapan Pendekatan SALINGTEMAS (Sains, Lingkungan, Teknologi, Masyarakat) Melalui Model Kooperatif Number Heads Together (NHT) untuk Meningkatkan Motifasi dan Hasil Belajar Ekonomi Siswa Kelas X - B SMA TAMANSISWA (TAMAN MADYA) MALANGÔÇØ. Pembimbing: (I) Drs. Moch.Ichsan, SE., M.Pd. (II) Farida Rahmawati, SE., ME. Kata- kata kunci : SALINGTEMAS, NHT, Motivasi Belajar, Hasil Belajar Pada saat ini Indonesia menggunakan kurikulum KTSP yang prinsipnya antara lain, berpusat pada potensi, perkembangan, kebutuhan, dan kepentingan peserta didik dan lingkungan ; beragam dan terpadu ; tanggap terhadap perkembangan ilmu pengetahuan,teknologi dan seni. Pada kenyataannya pelaksanaan pembelajaranbelum sesuai dengan KTSP. Pembelajaran SALINGTEMAS merupakan suatu pendekatan yang dapat mengajak siswa untuk mau dan mampu menerpkan prinsip sains dan menghasilkan suatu teknologi untuk memecahkan masalah di masyarakat. Model NHT merupakan struktur yang melibatkan siswa dalam menelaah materi dan memeriksa pemahaman terhadap isu pelajaran. Pembelajaran ekonomi di kelas X- B SMA TAMANSISWA (TAMAN MADYA) MALANG berpusat pada guru (Teacher centered). Metode yang digunakan dalam pembelajaran berupa metode ceramah. Worksheet yang merupakan instrumen pembelajaran tidak digunakan secara tepat. Dalam melakukan penilaian, soal tes yang digunakan kebanyakan berupa soal tingkat kognitif mengingat (CI) saja. Hal tersebut menyebabkan motivasi dan hasil belajar siswa rendah siswa selalu pasif dan hanya mendengarkan tanpa menunjukkan sikap gembira maupun sikap ingin tahu. Nilai ketuntasan belajar secara klasikal rendah. Pendekatan salingtemas dengan model NHT diduga dapat digunakan untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar ekonomi siswa SMA TAMANSISWA (TAMAN MADYA) MALANG kelas X-B. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dua siklus. Pada tiap siklus terdiri dari tiga kali pertemuan. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan november 2010. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X-B SMA TAMANSISWA (TAMAN MADYA) MALANG. Dengan 10 siswa laki- laki dan 10 siswa perempuan. Data penelitian berupa motivasi belajar siswa diperoleh dengan melakukan observasi menggunakan lembar observasi motivasi belajar selama pembelajaran. Sedangkan data hasil belajar siswa pada ranah kognitif CI-C4 diukur berdasarkan ketuntasan belajar secara klasikal dan rata- rata tingkat kognitif yang diperoleh melalui tes pada setiap akhir siklus. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu soal tes, lembar observasi motivasi, lembar observasi tindakan guru, dan catatan lapangan. Berdasarkan hasil penelitian terjadi peningkatan pada keempat aspek motivasi belajar, oleh karena itu disarankan bahwa guru dapat menggunakan pendekatan Salingtemas dengan model kooperatif NHT untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar ekonomi siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi (FE) > Jurusan Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 15 Mar 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/40401

Actions (login required)

View Item View Item