Thoyyib, Muhamad (2013) Pengembangan media animasi pembelajaran interaktif mata pelajaran ilmu pengetahuan alam kelas VI semester II di SDN Polehan 3 Malang / Muhamad Thoyyib. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata Kunci Pengembangan Media Animasi Pembelajaran interaktif Ilmu Pengetahuan Alam. Media pembelajaran interaktif merupakan perwujudan dari multimedia pembelajaran karena penyampaiannya memadukan unsur audio visual serta interaktifitas sehingga dapat menarik minat pengguna. Berdasarkan hasil observasi di SDN Polehan 3 Malang penggunaan media pembelajaran berbasis komputer dalam penyampaian materi pelajaran khususnya Ilmu Pengetahuan Alam masih kurang. Hal ini dibuktikan dengan hanya adanya buku teks atau LKS sebagai penunjang siswa dalam memahami materi. Karena itu pengembang membuat pilihan media pembelajaran melalui pengembangan media pembelajaran interaktif. Media ini di desain menarik yang bertujuan untuk meningkatkan minat siswa dalam belajar mempermudah siswa dalam memahami materi pelajaran dan meningkatkan efektifitas pembelajaran. Pengembangan media ini berisikan materi pelajaran IPA pokok pokok materi gaya gerak serta energi dan perubahannya. Tujuan pengembangan media pembelajaran interaktif ini adalah menghasilkan sebuah CD media pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam kelas VI SD Semester II yang valid dan efektif dalam pembelajaran. Karakteristik dari media pembelajaran interaktif ini adalah komunikasi interaktif antara pengguna dengan media sehingga akan mendorong tingkat keaktifan siswa dalam belajar. Subyek uji coba dalam pengembangan ini adalah siswa kelas VI Tahun ajaran 2011 di SDN Polehan 3 Malang. Pengumpulan data dilakukan melalui instrumen angket ahli materi ahli media dan siswa. Untuk mengukur hasil belajar siswa digunakan evaluasi dalam bentuk tes hasil belajar. Hasil pengembangan media pembelajaran interaktif ini memenuhi kriteria valid/layak yakni ahli materi 96% ahli media 85% siswa individual 88.3% siswa kelompok kecil 94% dan siswa klasikal 96.5%. Saat tes hasil belajar didapatkan bahwa 28 siswa memenuhi KKM (Kriteria Ketentuan Minimum) maka diperoleh 100% dengan rata-rata nilai keseluruhan 90. Berdasarkan kriteria yang ditetapkan maka dapat diinterpretasikan bahwa pembelajaran dengan menggunakan media animasi pembelajaran interaktif dikategorikan efektif. Agar produk yang dihasilkan bisa dimanfaatkan secara maksimal dalam kegiatan pembelajaran maka ada beberapa saran yang diarahkan ke tiga sisi yaitu (1) keperluan pemanfaatan produk (2) diseminasi produk ke sasaran lebih luas dan (3) pengembangan produk lebih lanjut.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S1 Teknologi Pendidikan |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 01 Apr 2013 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2013 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/404 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |