Pengaruh kebiasaan belajar, motivasi belajar dan ketersediaan sumber belajar dirumah terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas XI IPS MAN kota Malang / Mochammad Fatori - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh kebiasaan belajar, motivasi belajar dan ketersediaan sumber belajar dirumah terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas XI IPS MAN kota Malang / Mochammad Fatori

Mochammad (2010) Pengaruh kebiasaan belajar, motivasi belajar dan ketersediaan sumber belajar dirumah terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas XI IPS MAN kota Malang / Mochammad Fatori. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Fatori Mochamad. 2009. Pengaruh Kebiasaan Belajar Motivasi Belajar dan Ketersediaan Sumber Belajar dirumah terhadap prestasi Belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas XI IPS MAN Kota Blitar. Skripsi Jurusan Ekonomi Pembangunan Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Bambang Pranowo SE M.Pd Ak. (II) Drs. Prih Hardinto M.Si. Kata Kunci Kebiasaan Belajar motivasi Belajar Ketersediaan Sumber Belajar dirumah Prestasi Belajar Dalam proses belajar mengajar keberhasilan seoarang siswa dalam menguasai mata pelajaran di Madrasah Aliyah Negeri Kota Blitar kalas XI IPS tidak lepas dari faktor yang mempengaruhinya. Faktor tersebut bisa berasal dari faktor intern maupun faktor ekstern. Salah satu faktor intern diantaranya adalah kebiasaan belajar dan motivasi belajar. Selain kebiasaan belajar dan motivasi belajar ketersediaan sumber belajar dirumah juga turut ikut membantu siswa memahami dan menyerap suatu ilmu sehingga pada waktu ujian dilaksanakan siswa sudah benar-benar siap. Di dalam penelitian ini dilakukan di MAN Kota Blitar yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh kebiasaan belajar motivasi belajar dan ketersediaan sumber belajar dirumah terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas XI IPS MAN Kota Blitar. Untuk mencapai prestasi belajar yang maksimal maka proses belajarnya harus baik artinya proses belajar tersebut harus tepat. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian deskriptif kuantitatif. Analisis yang digunakan adalah analisis regresi linier sederhana. Variabel dalam penelitian ini meliputi kebiasaan belajar (X1) motivasi belajar (X2) ketersediaan sumber belajar dirumah (X3) dan prestasi belajar siswa (Y). Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS MAN Kota Blitar tahun ajaran 2008/2009 yang berjumlah 280 siswa dan tersebar menjadi 7 kelas. Karena besarnya jumlah populasi maka dalam penelitian diambil sampel masing-masing kelas 25% sehingga jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 70 siswa. Teknik pengumpulan data adalah angket dan dokumentasi. Dari hasil penelitian dapat diketahui bahwa kebiasaan belajar siswa MAN Kota Blitar dari 70 siswa yang diteliti 39 siswa kebiasaan belajarnya baik 21 siswa kebiasaan belajarnya kurang baik dan 10 siswa kebiasaan belajarnya sangat baik. Dalam varibel motivasi belajar siswa MAN Kota Blitar dari 70 siswa yang diteliti 48 siswa mempunyai motivasi belajar yang baik 15 siswa motivasi belajarnya sangat baik dan 7 siswa motivasi belajarnya kurang baik. Sedangkan ketersediaan sumber belajar dirumah dari 70 siswa MAN Kota Blitar 43 siswa mempunyai ketersediaan sumber belajar dirumah baik 14 siswa mempunyai ketersediaan sumber belajar dirumah sangat baik dan 13 siswa mempunyai ketersediaan sumber belajar dirumah kurang baik. Saran dalam penelitian ini semoga bagi kepala sekolah dapat digunakan sebagai masukan dalam pengambilan kebijakan untuk kepentingan peningkatan kualitas pendidikan di MAN Kota Blitar dengan memperhatikan pengaruh Kebiasaan belajar motivasi belajar dan ketersediaan sumber belajar dirumah siswa terhadap prestasi belajar yang dicapai siswa. Serta bagi guru bidang Studi dapat dijadikan masukan untuk memperoleh gambaran tentang kondisi siswa sehingga guru dapat menentukan langkah selanjutnya guna meningkatkan mutu pengajaranya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 05 Mar 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/40396

Actions (login required)

View Item View Item