Pengembangan media pembelajaran berbasis program lectora inspire untuk pembelajaran Maharah Qiro’ah Mahasiswa tingkat awal (Dengan Penerapan) - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media pembelajaran berbasis program lectora inspire untuk pembelajaran Maharah Qiro’ah Mahasiswa tingkat awal (Dengan Penerapan)

Fauzet, Fara Diba (2020) Pengembangan media pembelajaran berbasis program lectora inspire untuk pembelajaran Maharah Qiro’ah Mahasiswa tingkat awal (Dengan Penerapan). Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk : (I) mendeskripikan cara mengembangkan media pembelajaran berbasis lectora inspire untuk kemahiran membaca, (II) mendeskripsikan hasil uji ahli terhadapnmedia pembelajaran berbasis lectora inspire untuk kemahiran membaca mahasiswa tingkat awal, (III) mendeskripsikan keefektifitasan media pembelajaran berbasis lectora inspire untuk kemahiran membaca mahasiswa tingkat awal. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian pengembangan (R&D) dengan desain pengembangan ADDIE. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kuantitaif dan kualitatif. Penelitian ini menggunnakan model penelitian true experimental design dengan menggunakan dua kelompok,yaitu kelompok kontrol dan kelompok eksperimen. Populasi di dalam penelitian ini adalah mahasiswa tahun ajaran 2019 Jurusan Sastra Arab Universitas Negeri malang. Penelitian ini menggunakan purposive sampling dengan menggunakan dua kelas yaitu kelas control dan kelas eksperimen. hasil penilaian ahli media untuk media pembelajaran ini adalah 80 yaitu baik sekali dan hasil penilaian dari ahli materi adalah 85,45 yaitu baik sekali. Sedangkan hasil dari efektifitas penggunaan media pembelajaran berbasis lectora inspire untuk pembelajaran maharoh qiroah kepada mahasiswa semester awal di jurusan sastra arab universitas negeri malang adalah 2,27 dengan H0 = penggunaan media pembelajaran berbasis lectora inspire untuk pembelajaran maharoh qiroah mahasiswa semester awal jurusan sastra arab universitas negeri malang tidak efektif, H1= penggunaan media pembelajaran berbasis lectora inspire untuk pembelajaran maharoh qiroah mahasiswa semester awal jurusan sastra arab universitas negeri malang efektif. H1 diterima jika hasil t-test > dari t-table. Hasil eksperimen menunjukkan bahwa hasil t-table df26 = 2,06 yang berarti t-test>t-table atau H1 diterima

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Sekolah (PLS) > S2 Pendidikan Luar Sekolah
Depositing User: mr mahasiswa UM
Date Deposited: 25 Jul 2023 08:42
Last Modified: 25 Jul 2023 08:42
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/4039

Actions (login required)

View Item View Item