Kholifah, Lailia Hanik Nur (2021) Formative feedback dengan soal pilihan ganda isomorfik pada materi hukum Archimedes. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Penelitian ini bertujuan mengembangkan produk formative feedback dengan soal pilihan ganda isomorfik pada materi Hukum Archimedes. Jenis penelitian ini merupakan penelitian Research and Development (R&D) dengan model penelitian ADDIE. Tahapan penelitian pengembangan meliputi analisis masalah yang terkait, design produk, pengembangan produk, uji coba, dan evaluasi. Instrumen penelitian terdiri atas lembar validasi, lembar keterbacaan siswa dan pedoman wawancara. 2 validator ahli yaitu 1 dosen dan 1 guru IPA serta 32 siswa berperan dalam penelitian ini. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif dan analisis deskriptif kuantitatif. Penelitian ini menghasilkan formative feedback dengan soal pilihan ganda isomorfik pada materi Hukum Archimedes yang valid dan layak. Uji validasi secara keseluruhan sebesar 89,38% dalam kategori sangat valid. Uji keterbacaan produk sebesar 91,31% dalam kategori tinggi. Hasil uji efektivitas menunjukkan bahwa formative feedback dengan soal pilihan ganda isomorfik pada materi Hukum Archimedes dapat membantu siswa menguasai konsep Hukum Archimedes. Formative feedback dengan soal pilihan ganda isomorfik pada materi Hukum Archimedes dapat menjadi alternatif sumber belajar pendukung pembelajaran secara mandiri oleh siswa.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Sekolah (PLS) > S2 Pendidikan Luar Sekolah |
Depositing User: | mr mahasiswa UM |
Date Deposited: | 25 Jul 2023 08:37 |
Last Modified: | 25 Jul 2023 08:37 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/4036 |
Actions (login required)
View Item |