Penerapan model pembelajaran problem based learning (pembelajaran berbasis masalah) untuk meningkatkan life skills (kecakapan hidup) dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi di kelas VIII C SMP Negeri 20 Malang / Lia Permanasari - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model pembelajaran problem based learning (pembelajaran berbasis masalah) untuk meningkatkan life skills (kecakapan hidup) dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi di kelas VIII C SMP Negeri 20 Malang / Lia Permanasari

Lia (2010) Penerapan model pembelajaran problem based learning (pembelajaran berbasis masalah) untuk meningkatkan life skills (kecakapan hidup) dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi di kelas VIII C SMP Negeri 20 Malang / Lia Permanasari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Permanasari Lia 2009. Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (Pembelajaran Berbasis Masalah) untuk Meningkatkan Life Skills (Kecakapan Hidup) dan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ekonomi di Kelas VIII C SMP Negeri 20 Malang . Skripsi Jurusan Ekonomi Pembangunan Program Studi Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Sapir M.Sos. M.Si (II) Drs. Mardono M.Si. Kata Kunci Problem Based Learning Kecakapan Hidup Hasil Belajar Pendidikan merupakan pilar utama dalam pembangunan suatu bangsa oleh karenanya pemerintah terus mengupayakan peningkatan mutu pendidikan di Indonesia salah satunya adalah dengan penyempurnaan kurikulum. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan atau KTSP merupakan strategi pengembangan kurikulum untuk mewujudkan sekolah yang efektif produktif dan berprestasi. Pelajaran akan menjadi bermakna bila dikaitkan dengan konteks kehidupan nyata siswa dengan cara mengaitkan konten dengan konteks salah satunya adalah dengan menggunakan model pembelajaran inovatif yang dapat memberikan kondisi belajar aktif pada siswa. Problem based learning adalah suatu model pembelajaran yang melibatkan siswa untuk memecahkan suatu masalah melalui tahaptahap metode ilmiah sehingga siswa dapat mempelajari pengetahuan yang berhubungan dengan masalah tersebut dan sekaligus memiliki ketrampilan untuk memecahkan masalah. Penelitian ini bertujuan untuk menjawab pertanyaan (1) Bagaimanakah penerapan model pembelajaran problem based learning pada mata pelajaran ekonomi di kelas VIII C SMP Negeri 20 Malang (2) Apakah penerapan model pembelajaran problem based learning dapat meningkatkan kecakapan hidup siswa pada mata pelajaran ekonomi di kelas VIII C SMP Negeri 20 Malang (3) Apakah penerapan model pembelajaran problem based learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi di kelas VIII C SMP Negeri 20 Malang Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari 2 siklus dan masingmasing siklus memiliki 4 tahap yaitu perencanaan tindakan pengamatan dan refleksi. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VIII C SMP Negeri 20 Malang. Teknik analisis data yang digunakan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran problem based learning oleh guru adalah dengan membandingkan persentase ketercapaian tindakan guru pada tiap pertemuan. Sedangkan untuk kecakapan hidup analisis data dilakukan dengan membandingkan persentase ratarata seluruh aspek pada pengamatan siklus I dan siklus II. Untuk hasil belajar kognitif diperoleh dari hasil post test pada siklus I dan II sedangkan hasil belajar afektif Click to buy NOW PDFXCHANGE www.docutrack. com Click to buy NOW PDFXCHANGE www.docutrack. com ii dan psikomotor analisis data dilakukan dengan membandingkan persentase ratarata seluruh aspek pada pengamatan siklus I dan siklus II. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran problem based learning dapat meningkatkan kecakapan hidup dan hasil belajar siswa. Peningkatan kecakapan hidup ditunjukan oleh peningkatan persentase ratarata dari jumlah persentase seluruh aspek yang diamati dalam kecakapan hidup yaitu sebesar 48.60% pada siklus I menjadi sebesar 73.76% pada siklus II. Sedangkan peningkatan hasil belajar kognitif siswa yang ditunjukkan dengan meningkatnya jumlah siswa yang nilainya memenuhi standar ketuntasan minimum ( 56256 56469 70) pada siklus I yaitu 23 siswa atau 60.53% pada siklus II siswa yang memenuhi standar ketuntasan minimum yaitu sebanyak 36 siswa atau 92.31% dari jumlah total siswa. Adapun beberapa saran yang diberikan yaitu. 1) Bagi guru mata pelajaran IPS Terpadu (ekonomi) disarankan untuk menggunakan model pembelajaran problem based learning untuk meningkatkan kecakapan hidup dan hasil belajar siswa. 2) Pada saat menerapkan model pembelajaran problem based learning hendaknya disesuaikan dengan materi yang akan diajarkan pada siswa dan lingkungan belajar siswa serta ketersediaan waktu yang cukup sehingga model pembelajaran problem based learning dapat diterapkan secara optimal.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 12 Feb 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/40352

Actions (login required)

View Item View Item