Efektivitas penerapan metode Qatar debate dalam meningkatkan kemampuan berbicara anggota komunitas debat bahasa arab manabir UM - Repositori Universitas Negeri Malang

Efektivitas penerapan metode Qatar debate dalam meningkatkan kemampuan berbicara anggota komunitas debat bahasa arab manabir UM

Pratama, Arya Wahyu (2023) Efektivitas penerapan metode Qatar debate dalam meningkatkan kemampuan berbicara anggota komunitas debat bahasa arab manabir UM. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kendala yang dihadapi mahasiswa S1 Program Studi Bahasa dan Sastra Arab di Indonesia cukup beragam dan tampaknya belum menemukan solusi yang konkrit. Keterampilan berbicara merupakan salah satu keterampilan yang harus dikuasai oleh pembelajar bahasa asing dari empat keterampilan berbahasa, dan hal ini sangat perlu diterapkan secara terus menerus. Namun, praktik berbicara dalam bahasa Arab sebenarnya tidak dilaksanakan secara optimal karena berbagai keterbatasan. Hal ini disebabkan beberapa hal, antara lain: (1) kurangnya waktu untuk berlatih; (2) tidak ada lingkungan bahasa yang efektif; (3) Minimnya kosa kata yang dihafal siswa. Penelitian ini menggunakan metode penelitian eksperimen dengan rancangan randomized pretest-posttest control group design. Partisipan dalam penelitian ini adalah 12 mahasiswa yang tergabung dalam komunitas debat Manabir. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data kuantitatif. Temuan dalam penelitian ini menyatakan bahwa Metode Debat Qatar terbukti efektif dalam meningkatkan keterampilan berbicara bahasa Arab siswa dalam hal peningkatan kosa kata, kelancaran berbicara, dan peningkatan berpikir kritis. Hal ini terlihat dari perbedaan hasil perbandingan tes antara kelompok kontrol dan kelompok eksperimen dengan nilai 8,4 yang menunjukkan tingkat gain yang signifikan pada kategori tinggi. Metode Qatar Debate yang rutin diterapkan dalam pelatihan debat komunitas Manabir memberikan alternatif bagi dosen untuk kemudian diadopsi dalam pembelajaran mata kuliah berbicara di kelas.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Bimbingan dan Konseling (BK) > S2 Bimbingan dan Konseling
Depositing User: mr mahasiswa UM
Date Deposited: 25 Jul 2023 08:34
Last Modified: 25 Jul 2023 08:34
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/4035

Actions (login required)

View Item View Item