Pengaruh gaya mengajar guru ekonomi dan motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar siswa kelas X SMA Islam Al Maarif Singosari tahun ajaran 2008/2009 / Dyah Irawati - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh gaya mengajar guru ekonomi dan motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar siswa kelas X SMA Islam Al Maarif Singosari tahun ajaran 2008/2009 / Dyah Irawati

Dyah (2010) Pengaruh gaya mengajar guru ekonomi dan motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar siswa kelas X SMA Islam Al Maarif Singosari tahun ajaran 2008/2009 / Dyah Irawati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Gaya mengajar guru dan motivasi belajar siswa merupakan faktor-faktor yang berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa. Untuk mengetahui pengaruh gaya mengajar guru dan motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar dilakukan dengan jalan membagikan angket. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh gaya mengajar guru dan motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar pada mata pelajaran ekonomi dan diharapkan dapat dipraktekkan dalam proses belajar mengajar di sekolah. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Penelitian dilaksanakan di SMA Islam AlMaarif Singosari tahun ajaran 2008/2009. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X yang berjumlah 100 siswa Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengujian hipotesis menunjukkan adanya pengaruh secara simultan antara gaya mengajar guru dan motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas X SMA Islam ALMaarif Singosari. Hal ini ditunjukkan oleh nilai F 33 813 pada 945 5% dan diperoleh probabilitas (p) sebesar 0 000 sehingga p 0 05 menunjukkan adanya pengaruh sehingga variabel terikat prestasi belajar dapat dijelaskan oleh dua variabel bebas yaitu gaya mengajar guru dan motivasi belajar siswa. Besar R square adalah 0 411 hal ini berarti 41 1% perubahan variabel y disebabkan oleh perubahan variabel x1 x2 sedangkan sisanya 58 9% disebabkan oleh faktor di luar perubahan variabel x1 x2. gaya mengajar guru berpengaruh sebesar 3 002% dan untuk motivasi belajar siswa berpengaruh sebesar 38 098%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa dalam upaya untuk meningkatkan prestasi belajar siswa dalam mata pelajaran ekonomi maka faktor gaya mengajar guru dan motivasi belajar siswa harus ditingkatkan. Dikarenakan dari hasil penelitian telah terbukti bahwa prestasi belajar siswa dalam mata pelajaran ekonomi dipengaruhi besar oleh motivasi belajar maka sebagai konsekuensinya agar para siswa lebih memahami dan menguasai materi ekonomi serta mempraktekkannya dalam kehidupan sehari-hari

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 01 Feb 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/40340

Actions (login required)

View Item View Item