Fauziah, Hamidah Ulfa (2022) Pengembangan e-modul hukum perdata dan bisnis berbasis masalah pada materi hukum perjanjian untuk mahasiswa S1 pendidikan pancasila dan kewarganegaraan Universitas Negeri Malang. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Bahan ajar merupakan segala informasi berhubungan dengan materi digunakan sebagai alat penunjang kegiatan belajar mengajar. E-modul merupakan bahan ajar dengan format elektronik yang penggunaan melalui komputer atau smartphone. Produk yang dikembangkan berupa e-modul disertai dengan penyajian permasalahan yang berkaitan dengan materi hukum perdata dan bisnis dalam kehidupan mahasiswa dilingkungan sekitar dengan kombinasi barcode. Pada contoh kasus berkaitan materi perjanjian beserta penyelesaiannya dari putusan pengadilan diambil dari web Mahkamah Agung. Pembelajaran berbasis masalah diharapkan menumbuhkan sikap mandiri, terbiasa untuk memecahkan suatu permasalahan dan memiliki pengetahuan yang luas. Pendidik berperan sebagai perantara atau fasilitator. Adanya pembelajaran berbasis masalah dapat membantu mahasiswa mengembangkan kemampuan berfikir dan memecahkan masalah dengan melibatkan pengalaman atau pengetahuan dalam kehidupan. Kegiatan pembelajaran ini relevan dengan materi hukum perdata yang nantinya dapat dipergunakan untuk memecahkan permasalahan dalam kehidupan. Penelitian pengembangan ini bertujuan menghasilkan serta menguji kelayakan, kemenarikan dan keefektifan e-modul berbasis masalah berbantuan aplikasi flipbook maker materi hukum perjanjian. Metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu penelitian pengembangan yang dikemukakan oleh Borg dan Gall. Langkah yang digunakan dalam penelitiaan ini terdiri sembilan langkah pengembangan. Langkah pertama studi pendahuluan, langkah kedua perencanaan produk awal, langkah ketiga pengembangan bentuk produk awal, langkah keempat uji coba awal, langkah kelima revisi produk awal, langkah keenam uji coba lapangan awal, langkah ketujuh yaitu penyempurnaan hasil uji lapangan, tahap kedelapan yaitu uji pelaksanaan awal, langkah kesembilan yaitu penyempurnaan produk akhir. Penelitian ini tidak melakukan tahap desiminasi untuk efisiensi biaya, waktu, dan tenaga. Teknik pengumpulan data yaitu observasi, dokumentasi, angket dan tes. Instrumen pengumpulan data terdiri dari instrumen hasil observasi, instrumen tes dalam bentuk soal pre-test dan post-test, serta angket untuk menguji kelayakan, kemenarikan dan keefektifan produk. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan kriteria dalam bentuk persentase. Uji kelayakan terhadap e-modul berbasis masalah hukum perdata dan bisnis materi perjanjian berbantuan flipbook maker didasarkan pada hasil validasi yang dilakukan pada ahli materi, ahli media, dan ahli pembelajaran. Persentase hasil validasi ahli materi yaitu 92% dengan kriteria layak. Persentase hasil validasi ahli media yaitu 96% dengan kriteria sangat layak. Persentase hasil validasi ahli pembelajaran yaitu 83% dengan kriteria layak. Materi yang disajikan dalam e- modul hukum perjanjian layak disampaikan dalam kegiatan belajar mengajar karena telah sesuai dengan karakteristik pembelajaran berbasis masalah yang menekankan pada keaktifan belajar mahasiswa. E-modul yang dikembangkan
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Bimbingan dan Konseling (BK) > S2 Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | mr mahasiswa UM |
Date Deposited: | 25 Jul 2023 08:30 |
Last Modified: | 25 Jul 2023 08:30 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/4034 |
Actions (login required)
View Item |