Bahalwan, Achmad Ivan (2021) Pengembangan materi tambahan untuk pembelajaran kemahiran membaca bagi pemula menggunakan aplikasi kahoot untuk mahasiswa semester satu di jurusan sastra arab Universitas Negeri Malang. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Pembelajaran atau pendidikan sangat penting bagi manusia, dan perkembangan zaman telah menyembabkan munculnya berbagai teori dan metode tentang kegiatan pembelajaran serta media pembelajaran, dan salah satunya adalah media pembelajaran elektronik. Dan seorang guru harus memanfaatkan dan menggunakan media tersebut dalam pembelajaran empat kemahiran berbahasa, dan khususnya dalam pembelajaran kemahiran membaca. Adapun kemahiran membaca adalah salah satu kemahiran berbahasa penting yang harus dikuasai ketika belajar suatu bahasa seperti bahasa Arab. dan oleh karena itu pemanfaatan media elektronik untuk pembalajaran bahasa saat ini sangat penting. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah mengembangkan materi tambahan untuk pembelajaran kemahiran membaca bagi pemula menggunakan aplikasi kahoot untuk mahasiswa semester satu di Jurusan Sastra Arab Universitas Negeri Malang, dan mendeskripsikan tingkat kevalidannya. Peneliti menggunakan metode pengembangan Borg dan Gall yang terdiri dari enam tahap yaitu pengumpulan data, penyusunan, pengembangan, uji ahli, perbaikan produk, dan uji lapangan. Sampel penelitian ini adalah mahasiswa Jurursan Sastra Arab, Universitas Negeri Malang, semester satu dari offering “D”. Adapun data dari penelitian ini terdiri dari dua jenis data yaitu data kuantitatif, dan data kualitatif, dan metode pengumpulannya adalah wawancara, dan angket. Hasil dari penelitian ini adalah (1) materi tambahan menggunakan media kahoot ini terdiri dari sepuluh teks yang diambil dari buku Silsilah at-ta’lim al-lughah al-arobiyah, juz satu dan dua, untuk pembelajaran membaca. Peneliti menulis teks tersebut dalam bentuk pdf karena tidak memungkinkannya menuliskan banyak kata-kata di dalam aplikasi kahoot, lalu peneliti mengembangkan soal-soal dan memasukkannya ke dalam aplikasi kahoot. Peneliti mengembangkan dua puluh soal untuk setiap judul, dan setiap latihan berdasarkan tiga kemampuan dasar yaitu pemahaman bacaan, pemahaman kosa kata, dan pemahaman gramatika. Dan untuk setiap soal di aplikasi ini terdapat batas waktu untuk mengerjakannya yaitu dua puluh detik, dan soal yang dikembangkan di aplikasi ini berbentuk pilihan ganda. (2) dan hasil dari uji ahli tentang kevalidan produk mendapat nilai 95% dari ahli materi dan 82,5% dari ahli media, adapun hasil dari uji lapangan sebesar 79,4% yang berarti bahwa produk ini sangat baik dan valid untuk diterapkan.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Bimbingan dan Konseling (BK) > S2 Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | mr mahasiswa UM |
Date Deposited: | 25 Jul 2023 02:41 |
Last Modified: | 25 Jul 2023 02:41 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/4031 |
Actions (login required)
View Item |