Pengembangan CD pembelajaran interaktif IPA kelas V semester I materi pokok perubahan sifat benda di SDN Karang Besuki I Malang / Anggelina Ester Jesica - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan CD pembelajaran interaktif IPA kelas V semester I materi pokok perubahan sifat benda di SDN Karang Besuki I Malang / Anggelina Ester Jesica

Jesica, Anggelina Ester (2013) Pengembangan CD pembelajaran interaktif IPA kelas V semester I materi pokok perubahan sifat benda di SDN Karang Besuki I Malang / Anggelina Ester Jesica. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Pengembangan CD Pembelajaran Interaktif IPA. CD pembelajaran interaktif merupakan salah satu perwujudan dari multimedia pembelajaran karena penyampaiannya disamping memadukan unsur audio visual teks gambar dan video yang dapat menarik minat dan memenuhi berbagai gaya belajar siswa juga terdapat unsur interaktifitas sehingga ada kebebasan siswa dalam memilih materi dan mendapatkan kepastian apa yang dipelajari yang nantinya akan meningkatan hasil belajar siswa. CD pembelajaran interaktif juga suatu media yang dikembangkan untuk membantu meningkatkan hasil belajar siswa. Berdasarkan observasi di SDN Karang Besuki I Malang kelas V hal yang melandasi dari pengembangan CD pembelajaran interaktif ini yaitu penggunaan media berupa buku teks dan LKS serta pembelajaran konvensional dengan menggunakan metode ceramah pada mata pelajaran IPA materi pokok perubahan sifat benda yang tidak dapat memenuhi kebutuhan peserta didik dalam pembelajaran. Tujuan dari pengembangan yaitu untuk menghasilkan suatu produk media pembelajaran interaktif yang layak dan valid yang dikemas menarik dalam bentuk CD Interaktif untuk mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam SD kelas V diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar dan prestasi belajar. Subyek penelitian dalam uji coba pengembangan ini adalah siswa SD Negeri Karang Besuki I Malang kelas V. Jenis data yang digunakan adalah data kualitatif yang diperoleh dari tanggapan ahli media ahli materi dan siswa tetang produk yang dihasilkan. Sedangkan data kuantitatif diperoleh dari angket serta hasil pre-test dan post-test. Media ini divalidasi untuk mengetahui kualitas teknis diperoleh dari ahli media ahli materi dan audiens. Sedangkan untuk mengetahui pemanfaatan hasil belajar diperoleh dari audiens sebanyak 20 orang. Setelah dianalisis hasil validasi dari CD pembelajaran interaktif ini dinyatakan valid dengan hasil perhitungan ahli media 97 02% ahli materi 95 83 perseorangan 95 83% uji coba kelompok kecil 93% uji coba lapangan 91%. Hal ini menunjukan bahwa CD pembelajaran interaktif ini sangat memberikan efek yang cukup positif dalam peningkatan hasil belajar dan dapat disimpulkan bahwa CD pembelajaran interaktif ini cukup efektif digunakan siswa khususnya pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa CD pembelajaran interaktif ini layak digunakan dalam pembelajaran khususnya pada mata pelajaran IPA dan disarankan guru dan siswa dalam pemanfaatan CD pembelajaran interaktif bisa memilih dan memiliki software yang dbutuhkan. Bagi pengembang selanjutnya dapat memilih jenis tujuan dan mengenal jenis materi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S1 Teknologi Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 08 Mar 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/403

Actions (login required)

View Item View Item